BerandaNewsBPJS Kesehatan Kenalkan Program JKN-KIS Kepada Ribuan Mahasiswa Unsyiah

BPJS Kesehatan Kenalkan Program JKN-KIS Kepada Ribuan Mahasiswa Unsyiah

Populer

BANDA ACEH – BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh menggunakan momentum kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk menyampaikan sosialisasi tentang program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kegiatan dilaksanakan di Gedung AAC Dayan Dawood kompleks kampus kebanggaan masyarakat Aceh tersebut untuk meningkatkan pemahaman program JKN-KIS di kalangan mahasiswa, 27 Agustus 2018.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Teuku Muhammad Afandy, tampil memperkenalkan program JKN-KIS kepada enam ribu lebih mahasiswa baru Unsyiah angkatan tahun 2018 itu. Afandy mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya untuk meningkatkan pemahaman seluruh lapisan masyarakat akan pelaksanaan program JKN-KIS.

 “Kesempatan sosialisasi edukatif yang kami sampaikan kepada mahasiswa baru Unsyiah kali ini, untuk memberi pemahaman tentang pentingnya jaminan kesehatan bagi mereka masing-masing dan menyampaikan tentang prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam program JKN-KIS apabila mereka nantinya perlu mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” ujar Afandy.

Menurut Afandy, untuk memudahkan dalam mengakses pelayanan kesehatan, diharapkan mahasiswa yang berdomisili atau berasal dari luar Kota Banda Aceh atau dari luar Provinsi Aceh, agar segera mengurus perpindahan faskes tingkat pertama dari daerah asal menjadi faskes yang berada dekat dengan tempal tinggal mahasiswa sekarang. Proses pemindahan faskes tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi “mobile JKN” yang dapat diunduh menggunakan smartphone, atau dapat juga dilakukan dengan mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan terdekat.

 Afandy berharap, seluruh mahasiswa baru Unsyiah sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS saat berdomisili di Kota Banda Aceh untuk mengikuti proses perkuliahan. “Perlu dipastikan kepesertaannya sudah aktif. Mungkin sebagian mahasiswa ini sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, namun bagi yang belum, agar segera mendaftarkan diri. Ada beberapa segmen kepesertaan yang bisa dipilih, tergantung kepada masing-masing mahasiswa. Jaminan kesehatan itu sangatlah penting,  karena kita tidak mengetahui kapan kita akan memerlukannya” jelasnya.

Selain menyampaikan sosialisasi di hadapan mahasiswa baru, BPJS Kesehatan juga mendekatkan pelayanan kepada peserta maupun calon peserta JKN-KIS dengan mengoperasionalkan kendaraan Mobile Customer Sevice di sekitar lokasi kegiatan, yang dapat diakses masyarakat luas.[](*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya