Selasa, Juli 23, 2024

Dinkes Gayo Lues Keluhkan...

BLANGKEJEREN - Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues mengeluhkan proses pencairan keuangan tahun 2024...

H. Jata Ungkap Jadi...

BLANGKEJEREN – H. Jata mengaku dirinya ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjadi Pj....

Bandar Publishing Luncurkan Buku...

BANDA ACEH - Penerbit Bandar Publishing Banda Aceh meluncurkan sekaligus dua karya Dr....

Rombongan Thailand Selatan Kunjungi...

BANDA ACEH – Delegasi dari berbagai lembaga di Thailand Selatan mengunjungi Kantor Partai...
BerandaNewsBPN Aceh Laporkan...

BPN Aceh Laporkan kepada Wali Nanggroe Progres Pembagian Lahan Mantan Kombatan dan Korban Konflik

BANDA ACEH – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh, Dr. Mazwar, S.H., M.Hum., menemui Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar, di Meuligoe Wali Nanggroe, Aceh Besar, Rabu, 16 Februari 2022.

Kabag Humas dan Kerja Sama Wali Nanggroe, M. Nasir Syamaun, MPA., mengatakan kedatangan Kakanwil BPN Aceh yang baru dilantik pada awal Februari 2022 tersebut untuk melaporkan pengangkatan dan tugas yang diembannya.

Mazwar juga melaporkan program-program keagrariaan, tata ruang, dan pertanahan yang telah dan akan dilaksanakan BPN Aceh, khususnya mengenai lahan untuk mantan kombatan, tapol/napol, serta korban konflik Aceh.

“Khusus lahan-lahan untuk kombatan, untuk tapol amnesti, dan untuk yang berdampak konflik itu sudah dan sedang dilaksanakan. Dalam beberapa tahun ini insya Allah akan terwujud semua,” kata Mazwar.

“Kita sangat mengharapkan dukungan dari Wali Nanggroe sehingga tugas-tugas BPN bisa berjalan dengan baik,” tambah Mazwar yang datang didampingi Akhyar Tarfi, S.Sit., M.H., Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan BPN Aceh.

Dia juga menjelaskan sejak tahun 2019 BPN Aceh telah melaksanakan program pembagian lahan untuk 1.347 penerima manfaat. Dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan menuntaskan pembagian lahan di beberapa kabupaten/kota di Aceh.

“Seperti di Aceh Utara, Pidie Jaya, Aceh Timur, dan juga Aceh Barat,” ucap Mazwar.

Menanggapi pertemuan dengan BPN Aceh, Wali Nanggroe memberi masukan agar konsep penyerahan lahan ke depan dapat dikembangkan dalam satu kesatuan, bukan per individu.

“Dibentuk dalam satu badan usaha,” kata Wali Nanggroe yang dalam pertemuan itu didampingi Staf Khusus Dr. Rustam Effendi.

Wali Nanggroe juga meminta kepada bupati dan wali kota agar dapat berperan aktif dan responsif dalam upaya percepatan pembagian lahan tersebut.[](ril)

 

Baca juga: