Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaCalon Geuchik di...

Calon Geuchik di Langsa Diminta Bebas dari Penyalahgunaan Narkoba

LANGSA – Wakil Wali Kota Langsa, Drs. H. Marzuki Hamid, MM,. mengimbau seluruh calon geuchik yang bakal maju dalam pemilihan kepala desa terbebas dari pengaruh narkoba. Dia mengatakan setiap calon geuchik diminta membuktikan bebas dari pengaruh narkoba dengan menyertakan hasil pemeriksaan tes urine dari BNN Langsa.

“Kriteria bebas narkoba bagi calon geuchik dalam pemilihan tersebut perlu dilakukan. Pasalnya, kondisi saat ini di Aceh masuk dalam anggapan darurat narkoba dan sangat rawan melahirkan sosok pemimpin yang terlibat narkoba,” kata Marzuki menyikapi akan digelarnya pemilihan geuchik di beberapa desa, di wilayah Langsa, Minggu, 20 Maret 2016.

Marzuki mengatakan Pemko Langsa sudah menyurati BNN setempat untuk melakukan tes narkoba bagi para kandidat. 

“Kita harap dengan adanya pemeriksaan narkoba maka ke depan siapapun geuchik yang dipilih dapat dipastikan bebas dan bersih dari narkoba dan obat-obatan terlarang lain,” ujar Marzuki.

Selain itu, calon geuchik harus memenuhi persyaratan sehat jasmani dan rohan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah. Hal ini sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 4 tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian geuchik di Aceh.

“Tahun ini sebanyak 15 gampong dari lima kecamatan dalam wilayah Kota Langsa akan melaksanakan pemilihan geuchik secara langsung, dengan masa jabatan geuchiknya akan berakhir pada Juni-November mendatang,” katanya.

Adapun 15 gampong yang bakal melaksanakan pemilihan geuchik adalah Gampong Daulat, Paya Bujok Blang Pase, Peukan Langsa, Gampong Teungoh dan Gampong Jawa. Keseluruhan gampong ini berada di Kecamatan Langsa Kota.

Kemudian di Kecamatan Langsa Lama adalah Gampong Sidodadi dan Gampong Pondok Pabrik. Selanjutnya pemilihan geuchik juga berlangsung di Gampong Birem Puntong dan Paya Bujok Seuleumak Kecamatan Langsa Baro. 

Pemilihan geuchik juga akan digelar di Gampong Sungai Lueng, Simpang Wie, Buket Meutuah dan Gampong Matang Panyang, Kecamatan Langsa Timur. Kemudian di Gampong Matang Seulimeng dan Gampong Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat.[](bna)

Baca juga: