27 C
Banda Aceh
Minggu, Oktober 17, 2021

Cerita Aksi Bersih Mahasiswa Arsitektur Unimal di Burni Telong Hingga Pesan Menjaga Alam

REDELONG – Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Malikussaleh (Himateka Unimal) dan Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (Komplin) berhasil memungut sampah seberat 27,3 kilogram di gunung Burni Telong, Bener Meriah-Aceh Tengah, dan mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir.

Kegiatan Archtrip dan Aksi Bersih di kawasan pegunungan Burni Telong itu dilakukan Himateka Unimal dan Komplin, Ahad, 29 Agustus 2021. “Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Ulang Tahun (Diesnatalis) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (PAFT Unimal) yang ke-18 tahun,” kata Miftahul Rizki, koordinator aksi, dalam keterangan tertulis dikirim kepada portalsatu.com, Kamis, 2 September 2021.

Menurut Rizki, pihaknya memilih Mt. Burni Telong sebagai lokasi Archtrip dan Aksi Bersih karena diperkirakan kawasan tersebut dipenuhi dengan sampah setelah ramainya pendakian saat momentum peringatan HUT RI, 17 Agustus 2021 lalu.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan persiapan matang. Tim Archtrip berangkat dari titik kumpul di depan Kampus Arsitektur Unimal, Lhokseumawe, 28 Agustus, sekitar pukul 08.30 WIB. Setelah sampai di lokasi pos pendakian, pukul 14.50 WIB, tim istirahat sejenak sambil berkemas dan menyelesaikan registrasi sebelum memulai pendakian.

Selesai registrasi dan shalat Ashar, tim dikumpulkan untuk diberikan arahan serta membaca doa keselamatan dan kemudahan. Pendakian dimulai dari pintu rimba menuju shelter 3 untuk memasang tenda kamping, makan malam, dan beristirahat.

“Pada pukul 03.00 WIB pagi, kami bergegas kembali melanjutkan pendakian menuju puncak. Alhamdulillah, aksi bersih ini dibantu teman-teman komunitas Tafakkur Alam Adventure yang sempat berkenalan, berdiskusi mengenai alam, hingga akrab menjadi teman,” tutur Rizki.

Setelah melewati jalan sangat curam, mereka tiba di atas puncak gunung dengan ketinggian 2624 MDPL pada pukul 08.30 WIB. “Selanjutnya, tim memulai aksi bersih serta menikmati keindahan alam yang menyapa ramah dan tentram,” ujar Rizki.

Usai membersihkan kawasan puncak Burni Telong, mereka turun kembali ke shelter 3 sambil mengutip sampah di area jalur penurunan. “Tim Archtrip berhasil mengumpulkan sejumlah sampah yang didominasi botol air mineral, plastik bekas kopi instan serta plastik- pelastik potongan kecil,” kata Rizki.

“Saat sampai kembali di shelter 3, kami beristirahat sejenak dan mempersiapkan makan siang. Sampah-sampah jenis organik rencananya kami pilah untuk ditanam agar tidak menyulitkan kami untuk membawa sisa sampah anorganik ke pos pendakian dan dibuang ke tempat pembuangan akhir,” tambah Rizki.

Setelah itu, kata Rizki, hujan mengguyur. Namun, mereka tetap membersihkan area kamping dan kawasan shelter sebelum kembali ke pos pendakian. “Setelah menunggu beberapa saat dan hujan tak kunjung reda, kami langsung putuskan untuk membawa semua sampah yang sudah kami kumpulkan turun ke pos pendakian dan membuangnya ke tempat pembuangan akhir,” ujarnya.

Ketua Himateka Unimal sekaligus pendiri Komplin, Abdurrahman Anizhar, yang ikut dalam Archtrip dan Aksi Bersih tersebut berharap para pendaki serta komunitas hobi mendaki agar ikut menjaga alam dari sampah. Dia mengingatkan jangan membuang sampah sembarangan, termasuk sampah berukuran kecil, karena dapat merusak lingkungan.

“Banyak potongan sampah pelastik kecil yang kami temukan. Sampah ini pasti sengaja dibuang oleh pendaki yang ke sini. Kita harap perilaku ini (membuang sampah sembarangan) tidak menjadi kebiasaan. Pendaki harus lebih peduli dengan kebersihan lingkungan maupun alam, tidak sepele membuang potongan sampah yang berukuran kecil sembarangan,” tegas Anizhar.

Anizhar menyebut kegiatan seperti ini harus sering dilakukan dan menjadi kewajiban atau program kerja komunitas-komunitas hobi pendakian dengan melakukan aksi bersih kawasan pendakian.

Menurut Anizhar, kegiatan Archtrip dan Aksi Bersih tersebut untuk menyambut hari penting Jurusan Arsitektur Unimal sembari rekreasi. “Ini juga bentuk edukasi kepada mahasiswa dan teman-teman komunitas yang ikut andil dalam kegiatan agar lebih peduli dan senang dalam menjaga lingkungan maupun alam,” ujarnya.

“Apapun hobi kita dan kita senang melakukannya, semoga itu menjadi manfaat baik bagi kehidupan,” ucap mahasiswa arsitektur itu.

Anizhar menyatakan Komplin akan terus aktif turun ke lokasi wisata dan tempat-tempat publik untuk menggerakkan masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan sekitar.

Selain memiliki tujuan untuk menyelamatkan lingkungan, Komplin juga bercita-cita membantu alam kembali pulih, bersih, dan sehat. Salah satu caranya melakukan hal kecil terlebih dahulu dan ringan dikerjakan.

“Seperti mengutip sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya, juga mengurangi penggunaan bahan plastik yang tidak dapat terurai dengan cepat, sehingga mungkin dapat menghasilkan dampak yang sangat besar kita rasakan. Pasti ada saatnya kita lihat dan rasakan kedamaian alam yang begitu mulai tentram,” tutur Anizhar.[](ril)

 

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Terbaru

Alhamdulillah, Kafilah Subulussalam Juara Umum MQK Tingkat Provinsi Aceh

SUBULUSSALAM - Kafilah Kota Subulussalam berhasil meraih juara umum pada event Musabaqoh Qiraatil Kutub...

Ini Respons Kuasa Hukum Dinas PUPR Soal Gugatan Rekanan Gedung Kesenian Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE - Dinas PUPR Lhokseumawe belum memberikan penjelasan soal belum dibayarnya sisa pekerjaan 25...

Babak Kualifikasi Musabaqah Qiraatil Kutub II Aceh Tuntas

BANDA ACEH – Babak kualifikasi Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK)-II Aceh yang digelar di Kompleks...

Kemal Attaturk Dinilai Tidak Pantas Dijadikan Nama Jalan di Indonesia

BANDA ACEH – Rencana pemerintah menabalkan nama tokoh sekuler Turki Kemal Attaturk sebagai nama...

Aceh Hari Ini: Rakyat Aceh Rebut Perusahaan Numora Jepang

Pada 16 Oktober 1945, perusahaan perkebunan Jepang, Numora yang mengelola sembilan perkebunan besar di...

Rekanan Pembangunan Gedung Kesenian Lhokseumawe Tahap II Gugat Dinas PUPR ke Pengadilan

LHOKSEUMAWE - Wakil Direktur III CV Muhillis & Co., Rustam (58), melalui kuasa hukumnya,...

Aceh dan Sumut Bersiap Helat PON 2024

PAPUA – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diwakili Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, bersama Gubernur Sumatera...

Pengacara Warga Krueng Luas Minta Polisi Tetapkan Bupati Aceh Selatan Sebagai Tersangka

BANDA ACEH - Muhammd Reza Maulana, S.H., kuasa hukum atau pengacara Jasman HR., warga...

Jabatan Keuchik Gampong Paya Bilie Lhokseumawe Lowong

LHOKSEUMAWE - Jabatan Keuchik Gampong Paya Bilie, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, lowong. Pasalnya,...

‘Kasus Tanggul Cunda-Meuraksa Mangkrak Bisa Mencoreng Institusi Kejaksaan’

LHOKSEUMAWE – Pemerhati hukum, Muji Al-Furqan, S.H., turut menyoroti Kejaksaan Negeri Lhokseumawe yang hingga...

Aceh Hari Ini: Ulama Aceh Mengeluarkan Maklumat Perang Sabil

Pada 15 Oktober 1945, ulama Aceh menggelar muzakarah  membahas upaya-upaya mengakhiri kekuasaan Jepang, dan...

Program TMMD Selesai, Walkot Bintang Resmikan Jalan Tembus Darussalam-Singkohor

  SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E meresmikan pemakaian jalan tembus...

Kasus Korupsi di Dinas Syari’at Islam Gayo Lues Dilimpahkan ke PN Tipikor Banda Aceh

BLANGKEJEREN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Gayo Lues telah melimpahkan berkas perkara...

Begini Kondisi Terkini Wastafel Disdik Provinsi di SMA/SMK Aceh Utara dan Lhokseumawe

ACEH UTARA – Pengadaan ratusan wastafel dan sumur bor oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh...

Harga Kopi Gayo Naik Lagi, Ini Daftar Terbaru

BLANGKEJEREN - Harga gabah kopi gayo di Kabupaten Gayo Lues kembali mengalami lonjakan. Harga...

Kasus Tanggul Cunda-Meuraksa: ‘Tugas Kejari Menegakkan Hukum, Bukan Bicara Untung-Rugi’

LHOKSEUMAWE – LSM Gerakan Transparansi dan Keadilan (GerTaK) kembali mempertanyakan perkembangan kasus dugaan korupsi...

Aceh Hari Ini: Show of Force Pejuang Aceh Melawan Jepang

Usai salat hajat dan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Residen Aceh Teuku Nyak...

UAS Resmikan Pesantren Darul Affani, Ziarah ke Oboh, Hadiri Peringatan Satu Dekade PMDR

SUBULUSSALAM - Ustadz Abdul Somad (UAS) meresmikan Pondok Pesantren Darul Affani Desa Harapan Baru,...

‘PLTU Lhoknga tak Beroperasi, PT SBA Berpotensi Rugikan Keuangan Negara 15 Miliar/Hari’

BANDA ACEH - Direktur Koalisi NGO HAM Aceh, Zulfikar Muhammad, menemukan data baru terkait...

Kempo Tambah Medali Emas untuk Aceh

SENTANI – Perjuangan keras kenshi (atlet kempo) di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX...
Butuh CCTV, dapatkan di ACEH CCTV. ALAMAT: Jln Tgk Batee Timoh lr Peutua II, Gampong (Desa) Jeulingke, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh. Kode Pos 23114. TLP/WA : 0822.7700.0202 (MUSRIADI FAHMI). Taqiyya Cake and Bakery, Tersedia: Brownies, Bolu pandan, Bolpis, Bolu minyak, Bolu Sungkish, Ade, Donat, Serikaya, Raudhatul Jannah (082269952496), Perum Gratama Residence No 5 Mibo Lhoong Raya Banda Aceh. Kunjungi Showroom Honda Arista. Jl. Mr. Teuku Moh. Hasan No.100, Lamcot, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23242. Hubungi: No Tlp/WA : 082236870608 (Amirul Ikhsan). Kunjungi Usaha Cahaya Meurasa/ Kue Kacang Alamat: Perumahan Cinta Kasih, Gampong (Desa) Neuheun, Kec. Masjid Raya, Aceh Besar. Tersedia Kue Malinda/Kacang dan Nastar. Hubungi TLP/WA: 085277438393 (Nurjannah) - Bimbel Metuah, Almt: Jl. Seroja No. 5, Ie Masen Kayee Adang, Ulee Kareng, Banda Aceh. HP/WA: 0823 6363 2969 (Ola). Instagram: @bimbelmetuah @metuah_privat