Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita Aceh UtaraCisah Gelar Festival...

Cisah Gelar Festival Budaya Rapai Pase Dimeriahkan 12 Grup di Aceh Utara

LHOKSUKON – Tim Center for Information of Samudra Pasai Heritage (Cisah) menggelar Festival Budaya Rapai Pase mengusung tema “Peunajoh Timphan Piasan Rapai“, di Gampong Nibong Baroh, Kecamatan Nibong, Aceh Utara, 26-29 November 2021. Kegiatan itu salah satu program Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek tahun 2021.

Festival Rapai Pase tersebut dibuka Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Utara, Tgk. H. Usman, S.Ag., M.Pd., mewakili Bupati Muhammad Thaib, didampingi Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Hamdani, Jumat, 26 November 2021, malam. Turut hadir unsur TNI Korem 011/Lilawangsa, anggota DPRK Aceh Utara, Ismed Nur Aj. Hasan, pihak Disdikbud dan Disporapar Aceh Utara, Muspika Nibong, tokoh budaya Aceh Utara serta masyarakat setempat.

Ketua Panitia Festival Budaya Rapai Pase, Abd. Hamid, S.Si., mengatakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memprogramkan kegiatan untuk dilaksanakan di 320 desa tersebar di berbagai daerah di Indonesia dalam mempromosikan atau menghadirkan berbagai kebudayaan di desa pada tahun ini. Salah satunya di Desa Nibong Baroh.

“Dalam hal ini, Cisah merupakan promotor atau penghubung antara Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek dengan pemerintahan Desa Nibong Baroh. Karena Cisah dipercayakan sebagai tim pendampingan kebudayaan dan sejarah oleh Kemendikbud Ristek di Aceh Utara,” kata Abd. Hamid akrab disapa Abel Pasai yang juga Ketua Cisah.

Abel menyebut festival ini dimeriahkan 12 grup rapai Pase di Aceh Utara. Bantuan dari Kemendikbud Ristek untuk kegiatan ini hanya stimulan.

“Selebihnya donasi Cisah, Syekh Faizan Abdullah (seniman rapai Pase) dan kawan-kawan, serta dukungan Muspika. Kami panitia sangat berterima kasih kepada unsur-unsur yang terlibat, karena bisa mengabulkan hasrat seniman rapai Pase untuk diadakan festival yang melibatkan 12 grup,” tambah Abel.

Abel juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Kemendikbud Ristek karena sudah memberikan kesempatan kepada Aceh Utara dalam memasukkan dokumen promosi seni ini di website resmi kementerian tersebut.[]

Baca juga: