Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaDua Rumah Warga...

Dua Rumah Warga Dirusak Gajah Liar di Pidie

SIGLI – Kawanan gajah liar dilaporkan merusak dua rumah warga Dusun Lampoh Saban, Gampong Mane, Kemukiman Mane, Kecamatan Mane, Pidie, Rabu, 28 Maret 2018, dini hari.

Imum Mukim Mane, Sulaiman, S.E., kepada portalsatu.com, Rabu siang, mengatakan dinding rumah milik Tgk. Bakhtiar dan Samsul Bahri dirusak oleh binatang berbelalai itu.

“Dua rumah warga kami menjadi sasaran amukan gajah di tengah malam buta itu. Meski tidak parah kerusakan tetapi warga semakin panik karena kawanan gajah liar yang jumlahnya belasan ekor masih bermain di lingkungan pemukiman warga,” kata Sulaiman.

Menurut Mukim Mane, sebelumnya kawanan gajah merusak tanaman milik petani setempat sehingga membuat warga resah.

Sulaiman menyebutkan, pihaknya sudah berupaya mengusir gajah liar agar keluar dari pemukiman warga dengan menggunakan petasan dan anjing. Namun kawanan gajah tetap bertahan di seputaran pemukiman warga dan membuat penduduk tidak nyaman tinggal di rumah apalagi malam hari.

Sulaiman meminta pemerintah dan BKSDA membantu warga mengusir kawanan gajah liar dengan cara menurunkan gajah jinak di CRU Mane dan Saree. Jika itu tidak dilakukan maka ketentraman masyarakat dalam mengais rezeki maupun saat beristirahat akan terusik.

“Penghalauan dengan menggunakan mercon bantuan Dinas Pertanian Pidie sudah berulang kali dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil,” katanya.[]

Baca juga: