Kamis, Juli 25, 2024

Warga Lhoksukon Dihebohkan Penemuan...

LHOKSUKON - Masyarakat Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan penemuan mayat laki-laki...

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...
BerandaBerita AcehHUT Ke-50 Aceh...

HUT Ke-50 Aceh Tenggara, Disdukcapil Beri Pelayanan Aktivasi IKD

KUTACANE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara membuka stan pelayanan Dukcapil kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT ke-50 Agara, yang jatuh pada 26 Juni 2024.

Kepala Disukcapil Aceh Tenggara, Abri, mengatakan stan itu dibuka sesuai jadwal pelaksanaan rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan.

“Kita sudah membuka lokasi stan di Lapangan Sepak Bola Stadion H. Syahadat Kutacane, mulai 22 Juni sampai 26 Juni 2024,” kata Abri kepada portalsatu.com, Senin (24/6).

Abri menyebut stan Dukcapil tersebut ditujukan untuk memberikan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat. Di antaranya, pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), meng-online-kan data kependudukan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan dokumen lain yang diperlukan.

“Dalam momentum HUT ke-50 Aceh Tenggara, Dinas Dukcapil akan ikut memeriahkan dengan membuka stan pelayanan Dukcapil, salah satunya aktivasi IKD kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain memeriahkan HUT ke-50 Agara, dibuka stan pelayanan Dukcapil tersebut juga untuk meningkatkan cakupan aktivasi IKD masyarakat di Aceh Tenggara.

Menurut Abri, IKD untuk memfungsikan identitas digital berada dalam genggaman atau handpone android. Sehingga identitas kependudukan dapat dimiliki secara digital oleh masyarakat.

IKD juga untuk mengoptimalkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam proses digitalisasi kependudukan.

“Dengan aktivasi IKD ini masyarakat dapat melihat data kependudukan pribadi, keluarga mereka dalam database kependudukan nasional melalui genggaman, Hp android,” tutur Abri.

Abri mengimbau masyarakat memiliki Hp android agar segera melakukan aktivasi IKD dalam rangka proses administrasi kependudukan yang efisien.[](Supardi)

Baca juga: