Kamis, Juli 25, 2024

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...

Bank Indonesia Aceh Ajarkan...

BANDA ACEH - Bank Indonesia Provinsi Aceh, melaksanakan kegiatan Kick Off serentak implementasi...
BerandaBerita AcehAtlet KONI Aceh...

Atlet KONI Aceh Rebut Tiga Emas di Kejurnas, Abu Razak: Modal Menuju PON 2024

BANDA ACEH – Prestasi mengesankan ditoreh atlet binaan KONI Aceh yang dipersiapkan untuk PON XXI 2024 cabang layar. Dua atlet terbaik dari Pengprov Porlasi Aceh berhasil merebut tiga medali emas di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Indonesia Open Sailing 2024.

Kejuaraan tersebut berlangsung di Indonesia National Sailing Center (INSC) Ancol, Jakarta Utara, 22 dan 23 Juni 2024.

Medali emas pertama dari atlet PON Aceh disumbangkan Kirana Wardojo. Berlomba di kelas ILCA Women, ketangguhan Kirana tak bisa ditandingi.

Dari hasil perlombaan di hari kedua, Minggu (23/6), atlet layar Aceh ini bercokol di posisi teratas. Urutan kedua dan ketiga ditempati Fitri Alwiyah dari Kota Bekasi serta Nasywa Selly Pradani dari Purwakarta.

Kecuali itu, Kirana Wardojo kembali berhasil merebut medali emas keduanya.

Kali ini, Rara-panggilan akrab Kirana—sukses menyabet medali emas di nomor Open Putra/Putri.

“Khusus untuk nomor open, pesertanya diikuti dari atlet putra-putri. Alhamdulillah, Rara mampu tampil sebagai juara,” ungkap Ketua Umum Pengprov Porlasi Aceh, Suryadi Barasy, kepada wartawan, Minggu (23/6), malam.

Keberhasilan Rara setidaknya mengulang kembali prestasi terbaiknya. Tiga pekan lalu, atlet putri PON Aceh ini berhasil merebut posisi keempat di kejuaraan internasional di Tokyo, Jepang.

Kembali ke Kejurnas Layar 2024 di Ancol. Medali emas ketiga untuk Provinsi Aceh datang dari aksi atlet putra, Gregory Roger Wardojo.

Berlomba di kelas ILCA Men, atlet layar Aceh ini berhasil meraih peringkat pertama. Dalam 8 race yang berlangsung selama dua hari tersebut, dia berhasil kokoh di posisi terdepan. Gregory sukses mengalahkan Sujatmiko dan Samsuardi dari Jawa Barat. Keduanya harus puas berada di peringkat kedua dan ketiga.

Menyusul keberhasilan Kirana dan Gregory mendulang tiga medali emas di Kejurnas Layar 2024, apresiasi datang dari Ketua Umum KONI Aceh, H. Kamaruddin Abu Bakar.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atlet PON Aceh berhasil merebut emas. Ini luar biasa. Dari dua atlet yang berlomba, mereka malah mampu mendulang tiga emas,” ujar Abu Razak—sapaan akrab Kamaruddin Abu Bakar—kepada wartawan, Minggu (23/6), malam.

Keberhasilan ini, jelas Abu Razak, menjadi modal berharga bagi atlet layar dan Kontingen Aceh menghadapi perhelatan PON pada September 2024.

“Ini menjadi modal berharga bagi kita untuk menghadapi PON,” tegas mantan Ketua Harian KONI Aceh itu.

Kirana dan Gregory, menurut Abu Razak, sudah memperlihatkan kemampuan terbaik ketika berlomba di kejuaraan layar internasional di Tokyo, Jepang, tiga pekan lalu.

“Mudah-mudahan, kedua atlet PON Aceh ini bisa mempertahankan prestasinya hingga PON pada September 2024 mendatang,” ucap Abu Razak.[](ril)

Baca juga: