BerandaBerita Aceh UtaraIni Hasil Rapat BWS Sumatera I dengan 9 Camat Terkait Upaya Pengaliran...

Ini Hasil Rapat BWS Sumatera I dengan 9 Camat Terkait Upaya Pengaliran Air di Aceh Utara

Populer

BANDA ACEH – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I menggelar Rapat Koordinasi Upaya Pengaliran Air berkaitan Rehabilitasi Bendung D.I. Krueng Pase/Pasai (8.922 Ha) di Kabupaten Aceh Utara. Rakor berlangsung di Banda Aceh, Selasa, 22 Agustus 2023, itu dihadiri delapan camat dari Aceh Utara dan satu camat dari Lhokseumawe.

Peserta rakor itu antara lain Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Sumatera I, Azriyan, S.T., M.T., PPK Irigasi dan Rawa II SNVT PJPA Sumatera I, Syafrepi Hasibuan, S.T., Plt. Kepala Dinas PUPR Aceh Utara, Ir. Jaffar, S.T., M.S.M., Kepala Satker TP-OP, Marzuki, S.T., M.T. Delapan camat dari Aceh Utara, yakni Camat Meurah Mulia, Andre Prayuda, S.STP., M.A.P., Camat Nibong Rizky Rasmana H, S.IP., Camat Samudera, Ilyas, S.E., Camat Syamtalira Bayu, Surya Phachta, S.STP., Camat Tanah Pasir, Safri, S.E., Plh. Camat Tanah Luas, Bakhtiar, S.E., Camat Matangkuli, Edwar, B.A., Plt. Camat Syamtalira Aron, Dr. Fauzan, S.STP., M.P.A. Satu camat dari Lhokseumawe, Camat Blang Mangat, Safriadi, dan Sekcam Blang Mangat, Ahmad Faisal, S.IP., M.Si.

Baca juga: Cerita Petani Berutang Beras Dampak Bendung Krueng Pase Mangkrak

Informasi diperoleh portalsatu.com, dalam Notulen Rakor Upaya Pengaliran Air BWS Sumatera I itu dicantumkan hasil-hasil diskusi berisi tiga poin. Pertama, BWS Suamtera I telah melakukan upaya pengaliran air berupa kegiatan normalisasi sungai eksisting (lama), normalisasi saluran peralihan dan penurunan elevasi gorong-gorong pada inlet dan outlet saluran peralihan, yang bersumber dari Dana Operasional Bendung di BWS Sumatera I.

Kedua, BWS Sumatera I berencana untuk melakukan peninggian pasangan bronjong (cofferdam) di hulu saluran pengelak, penyusunan kembali batu gajah (bolder) yang sudah rusak di hilir saluran pengelak serta normalisasi saluran primer kiri, dengan meminta bantuan ekskavator dari Pemda Aceh Utara. Peninggian pasangan bronjong dilakukan setelah musyawarah bersama pihak-pihak terkait.

Ketiga, kegiatan Rehabilitasi D.I. Krueng Pasai lanjutan saat ini prosesnya sudah diaudit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh, sehingga BWS Sumatera I akan menindaklanjuti Laporan Hasil Audit Tujuan Tertentu (LHATT) BPKP Perwakilan Aceh. BWS Sumatera I saat ini sedang melakukan persiapan proses lanjutan kegiatan Rehabilitasi D.I. Krueng Pasai menuju proses persiapan lelang.

Lihat pula: ‘Nasib Petani Harus Dipikirkan Selama Bendung Krueng Pase Belum Mengairi Sawah’.[](red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya