Selasa, Juni 25, 2024

Yayasan HAkA Minta APH...

BANDA ACEH - Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh...

HUT Ke-50, Pemkab Agara-Bulog...

KUTACANE - Momentum HUT Ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bekerja sama dengan...

Pemilik Gading Gajah Super...

BLANGKEJEREN - Satreskrim Polres Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap kasus kepemilikan dua gading...

YARA Minta Polisi Transparan...

ACEH UTARA - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendesak kepolisian serius menangani kasus...
BerandaNewsIni Kata Rektor...

Ini Kata Rektor Unimal saat Penyerahan POK

LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh Lhokseumawe mengadakan penyerahan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) tahun 2019, yang menjadi acuan kegiatan di lingkungan rektorat, lembaga, dekanat, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT). Penyerahan itu berlangsung di Aula Meurah Silue Unimal, Lancang Garam, Lhokseumawe, Selasa, 29 Januari 2019. 

Rektor Unimal, Dr. Herman Fithra, menekankan pentingnya bagi seluruh kelembagaan di kampus ini membangun persepsi dalam penyusunan POK tersebut dan jangan sampai membangun ego sektoral. 

“Anggaran yang diberikan bukan dianggap sebagai  milik unit pelaksana kerja atau SKUM masing-masing, tapi uang negara,” tutur Herman. 

Menurut Herman, hanya rektotlah yang menjadi kuasa pengguna anggaran sehingga ia bertanggung jawab secara administratif dan keuangan atas pembelanjaan uang negara.

Herman juga menceritakan tentang level pemeringkatan Unimal yang masih merah alias berkinerja buruk. Salah satu indikatornya adalah menumpuknya kegiatan di akhir tahun, sehingga pola penyerapan anggarannya juga tidak berkualitas. 

“Salah satu masalahnya adalah penyerahan POK yang terlambat. Saya mengharapkan saat ini program bisa dirancang pada bulan yang lebih dini sehingga setiap kegiatan sudah harus dilaporkan paling lambat tiga minggu setelah kegiatan. Program pun semoga bisa dilaksanakan sesuai dengan tenggat waktu yang telah dirancang,” ujarnya.

Herman mengingatkan agar Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dipercepat, sehingga hak karyawan terutama honorer bisa dibayar tepat waktu. 

“Saya minta saat ini pembayaran honor karyawan bisa dilakukan di bawah tanggal lima,” tegas Herman yang disambut aplaus peserta.[](rilis)

Baca juga: