BerandaBerita BireuenIni Kata TA Khalid saat Bimtek Pemenuhan Persyaratan Negara dan Ekspor KKP...

Ini Kata TA Khalid saat Bimtek Pemenuhan Persyaratan Negara dan Ekspor KKP RI

Populer

BIREUEN – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra, TA Khalid, bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemenuhan Persyaratan Negara dan Ekspor Pelaku Usaha Sektor Perikanan Kelautan dalam memahami dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah terkait izin dan peraturan untuk ekspor barang ke negara tertentu.

Acara itu digelar di Aula Wisma Bireuen Jaya Bireuen, Ahad, 23 Juli 2023. Turut hadir Koordinator Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP RI, Dr. Budi Sugiarti, M.M., Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Aceh, Diki Agung Setiawan, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Pangan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bireuen, Jamaluddin, peserta dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, TA Khalid menyampaikan dalam konteks ekspor, setiap negara memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh barang yang akan diekspor, seperti standar kualitas, label, sertifikasi, dan perizinan tertentu. Pelanggaran terhadap persyaratan ini dapat menyebabkan masalah hukum, penundaan dalam proses ekspor, atau bahkan penolakan masuknya barang ke negara tujuan.

“Bimtek pemenuhan persyaratan negara dan ekspor, diharapkan para pelaku usaha akan lebih siap dan terampil dalam menjalankan aktivitas ekspor, serta memastikan bahwa produk yang diekspor memenuhi standar internasional yang diperlukan untuk memperoleh akses ke pasar global,” kata TA Khalid yang juga Anggota Banleg DPR RI.

Koordinator BKIPM KKP RI, Budi Sugiarti, mengatakan pemenuhan persyaratan negara dan ekspor dapat mencakup berbagai aspek. Di antara lain, peraturan ekspor yang menjelaskan peraturan dan persyaratan terkait ekspor barang ke negara tertentu, termasuk aturan berkaitan jenis barang, kuota, lisensi, dan sanksi perdagangan.

Sertifikasi dan ztandar kualitas: Memahami persyaratan standar kualitas yang berlaku di negara tujuan, dan bagaimana memperoleh sertifikasi yang diperlukan untuk produk akan diekspor.

Pelabelan dan kemasan: Mengetahui persyaratan pelabelan dan kemasan yang berlaku, termasuk bahasa digunakan, tanda peringatan, dan informasi produk yang wajib disertakan.

Prosedur pengiriman dan dokumen: Memahami prosedur pengiriman barang secara internasional, termasuk dokumen-dokumen yang diperlukan seperti faktur komersial, surat pengantar, dan sertifikat asal.

Penggunaan fasilitas ekspor: Mengetahui bagaimana menggunakan fasilitas yang disediakan pemerintah atau lembaga terkait untuk mempermudah proses ekspor, seperti pelabuhan, bandara, atau kawasan industri.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya