Rabu, Juli 24, 2024

Tinjau Venue PON XII,...

SIGLI - Pemerintah Kabupaten Pidie meminta rekanan terus memacu pekerjaan tiga venue yang...

Wali Nanggroe dan Mualem...

JAKARTA – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar...

Balai Syura: Perempuan Aceh...

BANDA ACEH - Balai Syura Ureung Inong Aceh dan seluruh elemen gerakan perempuan...

Pemko Subulussalam dan Pemkab...

SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam menjalin kerja sama atau MoU dengan Pemerintah...
BerandaIping, Masa Depan...

Iping, Masa Depan Baru Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta

Oleh: Bustanul Aulia

Berdasarkan penetapan pimpinan sidang, Iping Rahmat Saputra salah satu mahasiswa Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik UGM asal Aceh Utara, terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Aceh Jogjakarta (Himpasay) periode 2017-2018.

Pemilihan ini berlangsung dalam Musyawarah Besar XII yang diselenggarakan warga Himpasay di Aula Bale Gadeng Sagan, Yogyakarta, Kamis, 11 Mei 2017.

Sidang Musyawarah Besar Himpasay dipimpin oleh Didi muliadi yang didampingi Syarifuddin serta Salfayana Putri Arita.

Dalam Mubes yang berlangsung dari pagi hingga menjelang magrib ini, sempat bermunculan dua nama lain yaitu Afrijal mahasiswa magister Ilmu Pemerintahan UMY dan Arif Akbar mahasiswa magister Ilmu Politik UGM.

Namun ketika hendak melakukan pemilihan, kedua calon ini mengundurkan diri dan mendukung Iping sebagai calon tunggal ketua umum Himpasay. Berdasarkan musyarawah dan mufakat dengan seluruh peserta, akhirnya Iping ditetapkan sebagai ketua umum Himpasay dengan jumlah persetujuan peserta hampir 90 persen.

Tema yang diusung pada Mubes kali ialah “Meuseuraya dalam keilmuan, mesyedara lam perantauan, untuk Aceh yang bermartabat” yaitu mengintegrasikan bahwa biarpun kita belajar di perantauan, namun hati tetap untuk Aceh dan tujuan kita di sini tidak hanya untuk belajar, tetapi juga untuk menaikkan harkat dan martabat rakyat Aceh secara bersama-sama (meuseuraya) hingga dikenal di mata dunia (the light of Aceh).

Mubes ini diikuti oleh puluhan mahasiswa pascasarjana Asal Aceh yang ada di Yogyakarta dan juga perwakilan dari beberapa universitas ternama yang ada di Yogyakarta.

Usai terpilih menjadi Ketua Umum Himpasay, Iping langsung memberikan sambutan yang disambut hangat oleh peserta sidang yang sudah sejak pagi meluangkan energi untuk keberlangsungan Mubes. Dalam sambutannya, Iping lebih menitikberatkan kepada pembangunan karakter dan integritas mahasiswa pascasarjana yang ada di Yogyakarta.

“Artinya organisasi ini tidak hanya sebatas organisasi kekeluargaan, namun yang menghasilkan, unggul dan bisa bersinergi dengan organisasi-organisasi lain di Yogyakarta yang kemudian kita jadikan pembelajaran serta strategi kita bersama untuk maju dan bermartabat,” kata Iping.

Sementara Ketua Panitia Mubes, Freddy Sapta Wirandha mengharapkan, dengan terpilihnya ketua umum yang baru diharapkan semoga mampu mencitakan iklim yang baru, maju bersama dan bisa membawa perubahan yang lebih efektif, efisien dan harmonis.

Sementara ketua demisioner Najamul Wathan mengharapkan untuk ketua umum Himpasay ke depan agar berlaku adil, amanah serta mampu membawa marwah Aceh menuju era yang lebih baik.[]

*Bustanul Aulia, Owner BanaBi’s Courner (Asosiasi pengusaha sosial Aceh & Founder UMKM 1 juta domain community), writer dan juga mahasiswa Magister Ekonomi Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baca juga: