Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaKata Ketua KIP...

Kata Ketua KIP Aceh Utara Soal Penetapan Cek Mad-Sidom Peng

LHOKSUKON – Muhammad Thaib (Cek Mad) – Fauzi Yusuf (Sidom Peng) yang diusung Partai Aceh (PA), resmi ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati/Wakil bupati terpilih periode 2017-2022, Jumat, 7 April 2017 pukul 15.30 WIB. Penetapan itu dilakukan Komisi Independen Pemilihan (KIP Aceh Utara) berdasarkan surat keputusan KIP Aceh Utara, nomor 25/HK.03.1-Kpt/1108/KIP-Kab/IV/2017.

Dalam rapat pleno yang dibuka untuk umum itu, Ketua KIP Aceh Utara, Jufri Sulaiman mengatakan, KIP Aceh Utara sampai pada hari ini telah memasuki bagian terakhir tahapan Pemilukada 2017, yakni penetapan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara.

“Seperti yang diketahui, apabila tidak ada sengketa Pilkada, penetapan ini sudah dilakukan sejak 8 Maret 2017 lalu,” ujarnya.

Namun, penetapan tersebut terpaksa ditunda karena salah satu pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Aceh Utara, mengajukan gugatan PHP Kada ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Maka kita harus menunggu lahirnya putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melaksanakan penetapan calon terpilih.”

Sesuai dengan peraturan KPU, penetapan calon terpilih bagi daerah yang ada sengketa pilkada, harus dilaksanakan selambat-lambatnya tiga hari setelah adanya keputusan MK.

“KIP Aceh Utara mengambil jadwal terakhir untuk penetapan pasangan Bupati/Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2017, yaitu 7 April,” tutupnya.

Sementara itu, Komisioner KIP Aceh Utara, M Sayuni, dalam rapat pleno itu menambahkan, ada beberapa landasan penetapan paslon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara terpilih.

Di antaranya, putusan MK terhadap perkara nomor 24/PHP.BUP-XV/2017 dengan amar putusan, mengabulkan eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait mengenai kedudukan hukum (legal standing) pemohon. Lalu, menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima.

Ditambahkan M Sayuni, Pasangan Cek mad – Sidom Peng yang diusung Partai Aceh (PA) memperoleh 132.283 suara atau 47,40 persen suara dari total suara sah, sebagai Paslon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara terpilih.

Penetapan itu dinyatakan resmi dan berakhir dengan diketuknya palu oleh Ketua KIP Aceh Utara. Setelah itu, surat putusan tersebut diserahkan ke perwakilan DPRK Aceh Utara, yang nantinya akan diteruskan ke Kemendagri.

Di akhir acara, Fauzi Yusuf (Sidom Peng) menandatangani surat putusan penetapan Paslon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara yang ditetapkan KIP Aceh Utara. Penandatanganan itu ikut disaksikan para komisioner KIP, perwakilan DPRK Aceh Utara dan tamu undangan lainnya. []

Baca juga: