Rabu, Juli 24, 2024

Hendry Ch Bangun Tanggapi...

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan,...

Puluhan Personel Polres Aceh...

LHOKSUKON - Polres Aceh Utara melakukan tes narkoba melalui metode tes urine menggunakan...

Ini Kata Abu Razak...

BANDA ACEH – Venue atau tempat pelaksanaan pertandingan 33 cabang olahraga wilayah Aceh...

DPMPPKB Aceh Utara dan...

ACEH UTARA - Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili Plt. Asisten I Sekda Dr....
BerandaInspirasiIslamKeutamaan Wirid Keenam...

Keutamaan Wirid Keenam Asmaul Husna Ini Bisa Tentramkan Hati

Urutan keenam dalam Asmaul Husna adalah Al-Mukmin. Pengertian dari Al-Mukmin ini adalah Dialah Allah yang memberi rasa aman dan nyaman kepada setiap makhluk-Nya. Setiap mahluk yang hidup di bumi ini mendambakan rasa aman dari berbagai ancaman yang menimbulkan rasa takut, cemas, gelisah dan panik. Seperti halnya bayi merasa aman dalam dekapan ibunya.

Realisasi Al-Mukmin ini juga dapat dirasakan oleh seorang pejabat pemerintahan yang merasa aman dengan fasilitas pengawalan dan kemanan yang diberikan padanya. Hal ini juga berlaku pada seorang pengusaha merasa aman dengan satpam yang mengawal rumahnya. Anak ayam merasa aman dalam dekapan dan naunngan induknya. Dialah Allah yang memberikan rasa aman itu kepada semua mahluknya di langit dan bumi.

Keutamaan Membaca Almu’minu atau Yaa Mu’minu:

Pertama, apabila dibacakan akan kalimat ini sebanyak 136 kali oleh orang yang merasa ketakutan akan sesuatu, maka ia akan merasa aman dari apa yang ditakutkannya, dan apabila dibaca oleh orang yang beriman, maka ia akan bertambah imannya.

Kedua, menjamin keamanan diri dan keluarga. Barang siapa yang mewiridkan ”Yaa Mukmin” minimal 100x setiap selesai salat, insya Allah akan diberikan rasa aman di mana pun dia berada. Ia terbebas dari rasa takut, cemas, kuatir terhadap berbagai ancaman yang mungkin hadir dalam kehidupannya.

Setiap hari kita menghadapi berbagai ancaman dalam hidup kita, bahaya kecelakaan kendaraan, bencana alam, ancaman pencuri, perampok, penipu, penyakit dan lain sebagainya. Insya Allah dengan mewiridkan “Ya Mukmin ” Allah akan memberikan rasa aman dari semua ancaman itu, Dia akan memasukan ketenangan dan kenyamanan kedalam hati orang beriman.

Hilangkan Stres

Ketiga, mampu menghilangkan stres. Rasa stres yang berkepanjangan muncul dari rasa cemas, khawatir, takut yang berlebihan. Orang yang mengalami stres berkepanjangan sulit berprestasi dalam hidupnya, jika tidak segera diatasi, stres tersebut akan mengganggu metabolisme tubuhnya yang akhirnya akan menimbulkan berbagai penyakit pada fisik dan jasmani orang yang bersangkutan.

Sekitar 70 persen orang yang menderita penyakit fisik dan terpaksa dirawat dirumah sakit, berawal dari stres ini. Dengan mewiridkan “Yaa Mukmin ” setiap selesai salat sebanyak 100 x insya Allah, hati akan menjadi tentram dan nyaman, berangsur perasaan stres dan tertekan akan sirna, berganti dengan rasa aman dan nyaman. Inilah obat yang paling murah dan ampuh bagi penyakit stres. Amalkan ini setiap selesai salat.

Keempat, mendapat keamanan di dunia dan akhirat. Seseorang yang rutin membaca zikir ini setiap hari insya Allah hati jadi tentram, dan diberi rasa aman oleh Allah dari berbagai ancaman di dunia maupun akhirat. Di alam barzakh diberi rasa aman dari siksa kubur, di hari berbangkit juga diberi rasa aman dari kepanikan, kekalutan dan kesengsaraan di hari itu.

Beranjak dari paparan di atas, hendaknya kita rajin dalam mewirid diri dengan kalimah tayyibah termasuk Asmaul Husna tersebut walaupun terlepas dari mengharap di balik kelebihan wirid itu. Sungguh dengan semata-mata membaca dengan menghadirkan maknanya sudah mendapatkan pahala di sisi Allah Swt. Betapa besar dan banyak khasiat dan keutamaan yang terkandung dalam Asma Allah Al-mu’minu Yaa mu’min.[]
2017.

Baca juga: