BerandaBerita AcehKIP Aceh Kembalikan Syarat Dukungan Bakal Paslon Perseorangan Ini

KIP Aceh Kembalikan Syarat Dukungan Bakal Paslon Perseorangan Ini

Populer

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengembalikan syarat dukungan yang diserahkan bakal pasangan calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dr. Said Syahrizal HA., M.M., dan Said Amir Azan, S.T., M.Eng.Sc. Pasalnya, jumlah dukungan dan sebaran yang diserahkan bakal pasangan calon tersebut dinilai tidak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya, KIP Aceh telah melakukan penerimaan syarat dukungan bakal pasangan calon (paslon) perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024 atas nama Said Syahrizal-Said Amir Azan, Ahad, 12 Mei 2024, pukul 23.34 WIB, di Kantor KIP Aceh. Proses penerimaan syarat dukungan dan sebaran bakal paslon perseorangan tersebut dengan jumlah dukungan 158.197 yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Penyerahan dilakukan bakal paslon tersebut kepada Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH., didampingi Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Muhammad Sayuni bersama Anggota KIP Aceh, Hendra Darmawan dan Ahmad Mirza Safwandy, disaksikan Anggota Panwaslih Aceh, Muhammad.

Adapun syarat dukungan yang harus dipenuhi bakal paslon perseorangan dalam Pilgub-Wagub Aceh 2024 paling sedikit 165.476 dengan sebaran pada 12 kabupaten/kota. Hal ini sesuai Keputusan KIP Aceh Nomor 8 Tahun 2024.

“Terhadap jumlah dukungan dan sebaran yang diserahkan oleh bakal pasangan calon tersebut, KIP Aceh telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan dinyatakan tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pada Penyerahan dukungan tersebut, KIP Aceh memberikan status dikembalikan,” demikian keterangan dalam siaran pers KIP Aceh diterima portalsatu.com, Selasa (14/5).

Jadwal penerimaan penyerahan dukungan dan sebaran ini telah dimulai dari 8 hingga 12 Mei 2024 yang telah diumumkan KIP Aceh pada media massa dan media sosial. Hingga hari terakhir, 12 Mei 2024, hanya satu bakal paslon perseorangan yang telah mengajukan permohonan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pilkada dan menyerahkan dukungan secara fisik atau hardcopy.

KIP Aceh melalui akun instagramnya, Senin (13/5) malam, mengumumkan, “Rekapitulasi Penerimaan Syarat Dukungan dan Sebaran Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024 hingga hari terakhir 12 Mei 2024 dinyatakan nihil”.[](red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya