BerandaBerita AcehKIP Aceh Tenggara Rekrut PPK untuk Pilkada 2024

KIP Aceh Tenggara Rekrut PPK untuk Pilkada 2024

Populer

KUTACANE – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara merekrut Badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KIP Aceh Tenggara, Ilham, mengatakan pembentukan badan adhoc berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 476 tahun 2024 tentang Metode Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Pembentukan Badan Adhoc PPK dilaksanakan secara terbuka dan transparan dengan memberikan kesempatan kepada warga untuk mendaftar,” kata Ilham kepada portalsatu.com, Rabu, 24 April 2024.

Ilham menjelaskan pengumuman pendaftaran calon anggota PPK pada 23-27 April, dan penerimaan pendaftaran calon anggota PPK pada 23-29 April 2024 melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba).

“Bagi pelamar PPK lulus administrasi dapat mengikuti tahap seleksi tertulis melalui sistem Computer Assisted Test (CAT),” ujarnya.

Sedangkan penerimaan pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga melalui aplikasi Saikba pada 2-8 Mei 2024.

Ilham menyebut jumlah PPK yang akan direkrut sebanyak 80 anggota yang tersebar di 16 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tenggara. Setiap kecamatan diisi lima orang.

PPS yang diperlukan untuk Pilkada Aceh Tenggara sebanyak 1.155 anggota tersebar di 385 desa. Mereka akan ditempatkan tiga orang setiap desa.

“Bagi masyarakat yang mau mendaftarkan diri menjadi Badan Adhoc PPK, pendaftaran juga dapat langsung datang ke Sekretariat KIP Aceh Tenggara. Untuk pengiriman dokumen persyaratan mandiri melalui aplikasi Siakba dan dokumen fisik disampaikan paling lambat sebelum pelaksanaan ujian tertulis,” ujar Ilham.[](Supardi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya