Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaNewsKomisi I DPRA...

Komisi I DPRA Segera Fit and Propertest Panwaslih Aceh

BANDA ACEH — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) akan segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and propertest) terhadap 15 nama calon Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kepala daerah Aceh. Belasan nama tersebut sudah diterima oleh Komisi I dari Panitia Seleksi Panwaslih yang dibentuk beberapa waktu lalu.

“Kita sudah agendakan sesuai rapat internal komisi, yakni fit and propertest ini, pada hari Selasa, 12 Januari 2016, di ruang kerja Komisi I DPRA. Kepada para calon panwaslih yang masuk 15 besar nanti akan dikabari lebih lanjut mengenai jadwal tersebut,” ujar Anggota Komisi I DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, SHI, kepada portalsatu.com, Minggu, 10 Januari 2016. 

Dia mengatakan para calon Panwaslih nanti akan diuji dengan berbagai wawasan seputaran dengan lembaga tersebut. Para calon diharapkan agar mempersiapkan diri. Pasalnya, dari 15 nama tersebut akan diseleksi menjadi tujuh orang. “Lima orang untuk menjadi komisioner Panwaslih Aceh dan 2 orang cadangan,” katanya.

Iskandar Usman mengatakan komisiner Panwaslih akan bekerja sesuai dengan yang diamanahkan pada pasal 61 Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh. Begitu juga dengan regulasi rekruitmen panitia pengawas pemilihan sebagaimana disebutkan dalam pasal 60 undang-undang yang sama.

”Para peserta uji kepatutan ini juga harus mempersiapkan surat keterangan bebas narkoba yang dikeluarkan instansi terkait,” kata Iskandar.

Pada kesempatan yang sama, Iskandar juga mengimbau Komisi A DPR Kabupaten/Kota untuk bisa melakukan langkah yang sama untuk menyelaraskan pembentukan lembaga pengawas pemilihan kepala daerah. “Kita berharap teman- teman di kabupaten/kota segera melakukan langkah yang sama, mengingat tahapan pilkada akan memasuki jadwalnya dalam waktu dekat ini,” kata politisi muda Partai Aceh tersebut.[](bna)

Baca juga: