Kamis, Juli 25, 2024

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...

Hendry Ch Bangun Tanggapi...

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan,...

Puluhan Personel Polres Aceh...

LHOKSUKON - Polres Aceh Utara melakukan tes narkoba melalui metode tes urine menggunakan...

Ini Kata Abu Razak...

BANDA ACEH – Venue atau tempat pelaksanaan pertandingan 33 cabang olahraga wilayah Aceh...
BerandaNewsLagi, Kawanan Gajah...

Lagi, Kawanan Gajah Liar Masuk ke Kebun Warga Subulussalam

SUBULUSSALAM – Dua ekor gajah liar dilaporkan masuk ke lokasi perkebunan warga di Kampung Subulussalam Timur, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam. Kejadian ini sudah berlangsung sejak sepekan terakhir.

“Gajah kembali datang masuk ke kebun karet milik warga, sudah seminggu lebih kawanan hewan dilindungi itu berada dalam kebun,” kata Mahardi, warga Kampung Subulussalam Timur kepada portalsatu.com, Jumat, 19 Agustus 2016.

Ia menduga dua ekor gajah liar tersebut diduga induk dan anaknya. Meski tidak merusak kebun karet dan kebun sawit warga, tetapi keberadaannya membuat petani ketakutan saat pergi ke kebun.

Menurutnya kawanan gajah tersebut lebih lama bermain dalam kebun karet dan hutan di sekitar pemukiman penduduk. Namun sesekali hewan berbelalai ini juga masuk ke lokasi perkebunan kelapa sawit yang terpaut 300 meter dari pemukiman.

“Walau tidak merusak taman, tapi keberadaan hewan itu membuat kami takut, dikhawatirkan kawanan gajah itu nanti masuk ke pemukiman warga,” ujar Mahardi.

Beberapa bulan lalu, kawanan gajah liar juga dilaporkan masuk ke kebun petani. Jaraknya sekitar 50 meter dari pemukiman penduduk. Saat itu kawanan gajah liar tersebut meninggalkan kebun setelah diusir petugas BKSDA Aceh.

Warga menduga hewan ini merupakan gajah sebelumnya yang pernah masuk ke pemukiman penduduk beberapa bulan lalu. 

“Setelah diusir kampung ini sepi dari informasi gajah, dan warga kembali ke kebun tanpa ada rasa takut. Namun sekarang timbul lagi rasa was-was ketika mau ke kebun,” katanya.[](bna)

Laporan: Sudirman

Baca juga: