BerandaBerita PidieMobil Dinas Masih di Tangan Mantan Bupati dan Wabup Pidie, Ini Tanggapan...

Mobil Dinas Masih di Tangan Mantan Bupati dan Wabup Pidie, Ini Tanggapan Dewan

Populer

SIGLI – Mantan Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) dan Wakil Bupati Fadhlullah TM Daud, hingga kini masih kuasai mobil dinas pimpinan daerah. Satu mobil Pajero Sport BL 1 P masih di tangan Abusyik dan Fortune BL 2 P masih di tangan Fadhlullah TM Daud.

Hal tersebut membuat Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie angkat bicara. Eksekutif diminta berpedoman pada aturan tentang penjualan Barang Milik Negara/Daerah berupa kendaraan perorangan dinas.

Ketua Komisi II DPRK Pidie Fauzi Jamil kepada portalsatu.com, Selasa, 9 Agustus 2022, mengatakan pihaknya meminta kepada eksekutif untuk memperjelas status kendaraan dinas pimpinan daerah yang saat ini masih berada di tangan mantan pejabat. Jika memang diberikan kepada mantan pimpinan sebagai bentuk penghargaan, harus dilaksanakan sesuai mekanisme yang telah diatur.

“Kita sepakat memberikan kendaraan sebagai penghargaan terhadap mantan pimpinan daerah yang telah memberikan pengabdian pada daerah. Namun pemberiannya tidak boleh melanggar aturan dan ketentuan yang telah diatur,” ujar Fauzi Jamil.

Adapun mekanisme penjualan barang milik daerah berupa kendaraan dinas kepada pimpinan daerah, menurutnya Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas PP Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penjualan Barang Milik Negara/Daerah berupa Kendaraan Perorangan Dinas.

PP Nomor 20 Tahun 2022 mengatur kententuan bahwa Kendaraan Perorangan Dinas dapat dijual tanpa melalui lelang kepada mantan Pimpinan Daerah dan DPRD dengan syarat mobil tersebut telah berusia paling singkat empat tahun.

Sesuai data, Pajero Sport yang saat ini dikuasai Abusyik merupakan pengadaan tahun anggaran 2019. Mobil mewah Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4 x 4 AT keluaran 2019 itu dibeli Rp673 juta sumber dana APBK 2019 melalui Bagian Umum Setda Pidie.

Jika dilihat masanya baru tiga tahun sehingga belum bisa dilakukan proses pelelangan.

Sedangkan mobil Fortune yang masih digunakan mantan Wabup hasil pengadaan tahun 2018. Dihitung dari masa pembuatan dan penggunaan sudah 4 tahun dan bisa dilakukan penjualan khusus untuk mantan Wabup Fadhlullah TM Daud.

Plt. Kabag Umum Setda Pidie, Muhammad Adi Rizka, kepada portalsatu.com, pekan lalu mengakui aset daerah mobil operasional bupati dan wabup masih digunakan mantan bupati Roni Ahmad dan mantan wabup Fadhlullah TM Daud.

“Benar, masih ada satu mobil Pajero Sport dipinjampakaikan Abusyik. Begitu juga satu mobil Fortune masih pinjam pakai Fadhlullah. Sementara yang lain sudah ditarik semua,” kata Kabag Umum.

Adi Rizka menambahkan rencananya mobil itu akan dilelang khusus kepada mantan pimpinan daerah. Sambil menunggu proses, mobil itu sementara dipinjampakaikan kepada mantan bupati dan wabup.[](Zamahsari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya