Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaPagar Kompleks Makam...

Pagar Kompleks Makam Ratu Nahrasyiyah Rusak Berat

LHOKSEUMAWE – Sebagian pagar Kompleks Makam Ratu Nahrasyiyah—sering disebut Nahrisyah—di Gampong Kuta Krueng, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, rusak berat.

Pantauan portalsatu.com, beberapa hari lalu, pagar beton sebelah utara kompleks pemakaman Kesultanan Samudra Pasai periode kedua itu, sebagian sudah patah sehingga dipasang kayu, dan sisanya tampak retak-retak.

“Kita berharap Pemda Aceh Utara membangun kembali pagar itu karena kondisinya sudah tidak layak lagi. Pagar sebelah utara itu sudah lama rusak berat,” ujar Ramlam Yunus, tokoh pemuda Kuta Krueng.

Ramlan Yunus akrab disapa Dek Gam juga mendesak Pemerintah Aceh Utara melalui dinas terkait agar membangun sumur bor di sekitar Kompleks Makam Ratu Nahrasyiyah. Pasalnya, selama ini sering terjadi krisis air bersih untuk keperluan para penziarah makam tersebut.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Nurliana, mengatakan, pihaknya sudah membuat perencanaan untuk pembangunan kembali pagar yang sudah rusak di Kompleks Makam Ratu Nahrasyiyah.

“Sudah kita buat perencanaan, butuh dana sekitar Rp800 juta untuk pembangunan pagar itu, tapi sampai sekarang belum ada sumber dananya. Cungkupnya juga hampir rusak,” kata Nurliana saat dihubungi lewat telepon seluler, 14 Februari 2018.

Nurliana menyebutkan, di sekitar kompleks makam itu ada sumur, tapi airnya tidak mencukupi. “Untuk sumur bor mungkin bisa minta ke dinas yang membidangi cipta karya, tapi saat ini mereka juga belum ada anggaran,” ujarnya.[](idg)

Baca juga: