Sabtu, Juli 13, 2024

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...

Panwaslih Aceh Instruksikan Buka...

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menginstruksikan Panwaslih Kabupaten/Kota segera membuka...

KAMMI Sebut Perlu Forum...

BANDA ACEH - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh...
BerandaPemerintah Aceh Tak...

Pemerintah Aceh Tak Larang Masyarakat Gelar Tradisi Meugang, tapi…

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh tidak melarang masyarakat menggelar tradisi meugang menyambut Ramadan di Aceh. Akan tetapi, harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam masa tanggap darurat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, imbauan tersebut ditujukan kepada masyarakat yang bekerja sebagai penjual daging meugang sebelum Ramadan tahun 1441 Hijriah. Instruksi ini juga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di keramaian saat meugang.

“Kalau meugang protokolnya sama saya pikir, (tahun ini) tidak dilakukan meugang seperti biasanya, meugang mungkin ada dalam hati kita dengan prosesi sesuai protokol kesehatan,” kata Nova Iriansyah, setelah meresmikan Laboratorium PCR, di Aceh Besar, Kamis, 16 April 2020.

Nova menjelaskan, protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah seperti menjaga jarak (physical distancing), gunakan masker saat membeli daging meugang, dan tidak berkerumun (social distancing). “Kita mengimbau masyarakat menggunakan masker nonmedis, tetapi masker kain. Pengadaannya pelan-pelan dijalankan,” ujar Nova.

Nova juga meminta masyarakat memahami kondisi saat ini di tengah pandemi wabah virus corona. Dia berharap masyarakat mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah dan protokol kesehatan dalam percepatan penanganan dan penyebaran virus corona di Aceh.

” Kita sedang krisis, maka sikap-sikap kita harus menyesuaikan dengan kondisi krisis, kondisi darurat,” kata Nova.[]

Baca juga: