Jumat, Juli 26, 2024

Warga Lhoksukon Dihebohkan Penemuan...

LHOKSUKON - Masyarakat Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan penemuan mayat laki-laki...

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...
BerandaBerita LhokseumawePemko dan Forkopimda...

Pemko dan Forkopimda Lhokseumawe Rapat Koordinasi Sambut Ramadan

LHOKSEUMAWE – Pj. Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Imran, memimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, TNI, Polri, dan pejabat vertikal lainnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 H yang akan datang beberapa hari lagi.

Rakor berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Lhokseumawe, Kamis, 16 Maret 2023, itu bertujuan untuk mempersiapkan agenda kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadan. Turut dibahas bagaimana mengantisipasi kondisi terkait tahapan Pemilu 2024, sehingga bisa menjaga stabilitas yang merupakan salah satu tanggung jawab Forkopimda di setiap daerah.

Dalam rakor itu, Pj. Wali Kota Imran menyoroti kestabilan harga sembilan bahan pokok dan ketersediaan pangan selama Ramadan. Imran juga meminta penyeimbang harga atau kebutuhan yang telah terjadi kelangkaan.

Mengenai pasar Ramadan, Pj. Wali Kota meminta Disperindagkop untuk menertibkan lokasi berjualan guna mengurangi kemacetan bagi pengguna jalan dan demi kelancaran lalu lintas.

“Rapat hari ini salah satu bentuk antisipasi kondisi Kota Lhokseumawe selama menjalankan puasa Ramadan. Sengaja saya kumpulkan seluruh stakeholder untuk kita bahas dan dengarkan isu-isu terkini dari sisi keamanan, ketertiban, penegakan hukum, dan operasi pasar,” ujar Pj. Wali Kota.

“Kita dari Pemerintah Kota selama bulan Ramadan tahun ini tidak melarang adanya pasar Ramadan. Namun, dengan catatan tetap tertib berjualan di lokasi yang disediakan agar tidak menimbulkan kemacetan. Solusinya kita akan memecah tempat-tempat pasar Ramadan di beberapa lokasi,” tegas Imran.

Dari segi keagamaan, Pj. Wali Kota meminta Muspika ikut menjaga pelaksanaan salat tarawih dan tadarus, antisipasi penuh kemungkinan adanya kenakalan di kalangan anak muda dan masyarakat.

Pj. Wali Kota meminta Kepala Dinas Syariat Islam agar membuat edaran terkait pelaksanaan salat tarawih dan materi dakwah di masjid-masjid.

Pj Wali Kota juga meminta dukungan dari seluruh pemuka agama untuk kondusifitas Kota Lhokseumawe selama Ramadan.

Satpol PP diminta lebih aktif menertibkan perniagaan pada waktu Magrib dan tarawih. Kafe dan restoran diingatkan konsisten dalam menjaga aturan.

Turut hadir dalam rakor tersebut Sekda Lhokseumawe T. Adnan, S.E., para Asisten Sekda, Staf Ahli Wali Kota, Kapolres AKBP Henki Ismanto, Kajari Dr. Mukhlils, Ketua Pengadailan Negeri Bakhtiar, seluruh Kepala OPD, Camat, dan pejabat vertikal lainnya.[](rilis)

Baca juga: