BerandaBerita Aceh UtaraPemuda Samudera Gelar Pameran di Monumen Samudra Pasai, Ini Kata Pj Bupati...

Pemuda Samudera Gelar Pameran di Monumen Samudra Pasai, Ini Kata Pj Bupati Aceh Utara

Populer

SAMUDERA – Forum Pemuda Samudera bersama tokoh masyarakat dan Muspika Samudera menggelar Pameran UMKM Samudera di pelataran Monumen Islam Samudra Pasai, Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, 24-29 Juli 2023.

Kegiatan itu dibuka Penjabat Gubernur Aceh diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, M.Si., Senin, 24 Juli 2023. Turut hadir Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, Anggota DPR RI asal Aceh T.A. Khalid, M.M., Asisten I Sekda Aceh Utara Dayan Albar, M.A.P., Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Aceh Utara, Saifuddin, M.A.P., dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Dinas Budpar Aceh, Almuniza Kamal, dalam sambutannya mengatakan Samudera Expo UMKM dapat menjadi sarana untuk pengenalan seni budaya dan produk UMKM di daerah ini.

“Diharapkan UMKM nantinya dapat lebih meningkatkan daya saing dan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen, sehingga diterima masyarakat luas yang pada akhirnya memberikan nilai tambah bagi para pelaku UMKM. Jika UMKM bangkit, maka secara langsung memberikan dampak pada peningkatan perekonomian,” kata Almuniza.

Pj. Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, mengapresiasi terlaksananya Pameran UMKM Samudera. “Ini satu momen penting untuk membangkitkan UMKM, khususnya untuk mempromosikan produk-produk UMKM lokal yang ada di daerah ini,” ujar Mahyuzar.

Mahyuzar berharap pameran ini dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat, khususnya melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang dinilai mampu menjadi penyangga ekonomi nasional.

“Saya harap keberadaan UMKM, baik yang dikelola masyarakat maupun BUMG dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan geliat ekonomi daerah, khususnya di Kecamatan Samudera dan Aceh secara keseluruhan. Serta mampu mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan, terutama pada masa pemulihan ekonomi seperti saat ini,” tutur Mahyuzar.

Mahyuzar menilai pelaksanaan pameran ini menjadi satu ajang yang baik bagi para pelaku usaha dan desa untuk memamerkan potensi yang dimiliki. Sehingga produk usaha dan potensi gampong dapat diperkenalkan kepada masyarakat lebih luas lagi.

Di sisi lain, lanjut Mahyuzar, penyelenggaraan expo itu hendaknya dapat meningkatkan daya saing para pelaku usaha, baik dari sisi produk, inovasi, pemasaran, dan faktor lain. Dengan demikian, para pelaku usaha memiliki kesadaran untuk terus meng-upgrade diri dengan berbagai terobosan yang mungkin sebelumnya belum dilakukan dalam mengembangkan bisnis.

“Para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dalam menghadapi situasi sulit, harus jeli melihat peluang dan gesit melakukan inovasi. Saya harap pelaksanaan kegiatan ini mampu mendorong para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan diri melalui cara-cara yang lebih kreatif. Perubahan menuju kemajuan hanya dapat dicapai dengan kolaborasi dan sinergi, yang melibatkan berbagai sektor dan masyarakat Kabupaten Aceh Utara,” ujar Mahyuzar.

Mahyuzar berpesan kepada seluruh peserta pameran agar mampu mengidentifikasi potensi diri yang dimiliki serta tingkatkan kapasitas diri, baik dalam mengembangkan daya saing produk maupun strategi pemasaran dan kemitraan, sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam pembangunan bangsa.

“Saya minta kepada Camat Samudera untuk terus mendorong masyarakat mengembangkan potensi yang ada, bimbing dan lakukan pembinaan berkelanjutan pada peluang usaha yang ada. Sehingga pengembangan dapat ditentukan secara terarah dan sistematis, untuk menghasilkan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan daerah. Jadikan acara ini sebagai tonggak kebangkitan ekonomi masyarakat, menuju Bumi Malikussaleh yang berdaya saing, maju, dan sejahtera serta islami,” kata Mahyuzar.

Selain memamerkan berbagai kuliner dan produk UMKM, di arena pameran tersebut juga digelar lomba baca puisi, pagelaran budaya di antaranya penampilan Rapai Pasai, dan sejumlah tarian. Pada malam harinya juga diadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya