BerandaBerita Aceh UtaraTA Khalid Apresiasi Pemuda Samudera Gelar Pameran di Monumen Samudra Pasai, ‘Selamatkan...

TA Khalid Apresiasi Pemuda Samudera Gelar Pameran di Monumen Samudra Pasai, ‘Selamatkan Situs Sejarah’

Populer

SAMUDERA – Anggota DPR RI asal Aceh, Ir. H. T.A. Khalid, M.M., mengapresiasi Forum Pemuda Samudera, tokoh masyarakat, dan Muspika Samudera, yang menggelar Samudera Expo di pelataran Monumen Islam Samudra Pasai, Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, 24-29 Juli 2023.

“Secara pribadi maupun sebagai anggota DPR RI, saya kagum kepada kekompakan pemuda Samudera dan tokoh masyarakat, sehingga bisa terlaksana agenda besar, dan ini luar biasa. Semangat para pemuda ini dapat disambut baik oleh Provinsi (Pemerintah Aceh),” kata T.A. Khalid kepada para wartawan saat menghadiri pembukaan Pameran Samudera itu, Senin, 24 Juli 2023.

T.A. Khalid menyebut wilayah Kecamatan Samudera, Aceh Utara hari ini, dahulunya merupakan kawasan pusat Kerajaan Islam Samudra Pasai, yang merupakan kerajaan Islam pertama di Nusantara dan bahkan Asia Tenggara. “Sejarah Aceh dan bahkan Indonesia titik nolnya di sini (Samudra Pasai), perkembangan Islam dimulai di sini. Jadi, alangkah naif kalau kita sendiri, Pemerintah Aceh tidak menghargai sejarah ini. Apalagi banyak situs sejarah ini yang mulai terkikis, dan mungkin akan hilang,” ujarnya.

Oleh karena itu, T.A. Khalid berharap Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dapat bersinergi dengan masyarakat untuk menyelamatkan situs sejarah di kawasan heritage Samudra Pasai. “Tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Aceh adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah,” tuturnya.

T.A. Khalid juga berharap Pameran Samudera di lokasi Monumen Islam Samudra Pasai itu dapat digelar setiap tahun sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan.

“Kegiatan yang dilakukan para pemuda ini sebagai langkah awal yang bagus. Terkoneksi lagi dengan Pemkab Aceh Utara hingga Pemerintah Aceh. Tentunya sekompak apapun teman-teman pemuda Samudera tidak akan maksimal tanpa dukungan pemerintah. Dan, sebesar apapun dukungan pemerintah kalau pemuda-pemuda tidak bergerak juga tidak akan berjalan,” ujar T.A. Khalid.

Menurut T.A. Khalid, upaya pemuda dan tokoh masyarakat Samudera mengangkat potensi di wilayah itu melalui pameran sudah bagus. “Ini bagaimana pemerintah memberdayakan potensi yang ada. Harapan kita pameran ini menjadi agenda setiap tahun,” ucapnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya