Jumat, Juli 19, 2024

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...
BerandaPeringati Kudeta 15...

Peringati Kudeta 15 Juli Besok, Negara Turki dan Semua Kedubesnya Berkabung

ANKARA – Demonstrasi “Democracy watch” yang menandai ulang tahun pertama upaya kudeta Juli lalu akan dimulai pada hari Sabtu, 15 Juli 2017. Demikian diumumkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Kamis, 13 Juli 2017, di Istana Cankaya, Ankara. Disiarkan Anadolu Adency (aa.com.tr).

Setelah usaha kudeta tahun lalu, demonstrasi “demonstrasi demokrasi” diadakan di seluruh negeri selama beberapa minggu.

Presiden Recep Tayyip Erdogan berbicara dalam sebuah upacara peringatan yang diadakan di Kongres Nasional Bestepe dan Pusat Kebudayaan di Ankara untuk memperingati para syuhada akibat usaha kudeta 15 Juli lalu.

Erdogan mengatakan bahwa waktu tersebut akan dimulai pada 15 Juli 2017 pada pukul 12.13 WIB (2113GMT) dengan para imam membaca doa salat secara simultan.

“Peragaan demokrasi nasional akan berlanjut hingga 16 Juli 2017 tengah malam,” Erdogan secara resmi mengumumkan peluncuran acara tersebut.

Dia menambahkan bahwa peringatan demokrasi tersebut bisa berlangsung setelah Minggu tengah malam.

Acara dan upacara, yang akan dihadiri oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, akan dibuka untuk umum.

Selain itu, berbagai kegiatan juga akan diselenggarakan oleh organisasi non pemerintah, pemerintah kota dan institusi.

Dokumenter 15 Juli

Pada hari Sabtu, 15 Juli, Majelis Umum parlemen akan berkumpul pada pukul 1.00 malam. Waktu setempat (1000GMT) di Ankara dengan agenda khusus yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan anggota pers internasional dua jam kemudian.

Di Istanbul, sebuah “Kesatuan Persatuan Nasional” akan dimulai pukul 6.30 malam waktu setempat dengan partisipasi Erdogan, veteran, dan keluarga para syuhada. Presiden Erdogan akan berbicara kepada publik setelah pemutaran film dokumenter 15 Juli. Dia juga akan menghadiri upacara pembukaan peringatan seorang syuhada.

Erdogan dijadwalkan kemudian berangkat ke Ankara di mana dia akan berbicara di parlemen pada pukul 02.32, waktu parlemen dibom pada malam usaha kudeta.

Program minggu akan dimulai dengan doa pagi di Masjid Bestepe Millet Ankara diikuti dengan pembukaan Monumen Martir 15 Juli di kompleks kepresidenan.

Sepanjang minggu ini, kedutaan besar Turki di seluruh dunia akan mengadakan upacara peringatan dan mengeluarkan siaran pers tentang usaha kudeta tersebut. Pesan juga akan dibagi di media arus utama dan sosial.

Menurut pemerintah Turki, Organisasi Teroris Fetullah (FETO) dan pemimpinnya yang berbasis di AS, Fetullah Gulen, melakukan kudeta yang digagalkan oleh rakyat pada 15 Juli 2016, yang menyebabkan 250 orang meninggal dunia dan hampir 2.200 orang terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di balik kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi institusi Turki, terutama militer, polisi, dan pengadilan.[]

Baca juga: