Rabu, Juli 24, 2024

Tinjau Venue PON XII,...

SIGLI - Pemerintah Kabupaten Pidie meminta rekanan terus memacu pekerjaan tiga venue yang...

Wali Nanggroe dan Mualem...

JAKARTA – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar...

Balai Syura: Perempuan Aceh...

BANDA ACEH - Balai Syura Ureung Inong Aceh dan seluruh elemen gerakan perempuan...

Pemko Subulussalam dan Pemkab...

SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam menjalin kerja sama atau MoU dengan Pemerintah...
BerandaBerita Aceh UtaraPj Bupati Aceh...

Pj Bupati Aceh Utara Hadiri Pembukaan Kirab Pemilu 2024

LHOKSUKON – Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi, AP., M.Si., menghadiri acara pembukaan Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Kamis, 16 Maret 2023, sore.

Pj. Bupati Azwardi bersama Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, S.H., Ketua KIP Lhokseumawe Mohd. Tassar, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat, perwakilan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kabupaten setempat serta sejumlah petugas keamanan secara bersamaan juga melepaskan balon sura sulu ke udara sebagai tanda pembukaan Kirab Pemilu 2024.

Pj. Bupati Azwardi di sela-sela pembukaan acara itu mengatakan sebagai pemerintah pihaknya sangat mendukung suksesnya Pemilu 2024 mendatang dan tahapan-tahapan yang telah dan sedang dilakukan penyelenggara Pemilu saat ini. Azwardi juga akan terus mengajak stakeholder lainnya untuk terus menyebarkan sosialisasi mengenai kepemiluan agar masyarakat benar-benar memahami tentang Pemilu.

“Ini adalah sebuah pembelajaran atau pemahaman bagi masyarakat, menyampaikan dan mengampanyekan kepada masyarakat bahwa proses Pemilu sudah dimulai. Tadi Ketua KIP juga menyampaikan bahwa Pemilu sudah pasti dilaksanakan pada tahun 2024,” kata Pj. Bupati Azwardi.

“Dengan sama-sama menyukseskan dua momen penting yaitu Pilpres dan Pemilihan Kepala Daerah. Oleh karena itu, Pemerintah dan Forkopimda sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan pada sore ini, begitu juga kegiatan-kegiatan yang lain yang tentunya sudah disusun para penyelenggara Pemilu untuk suksesnya Pemilu di Aceh khususnya di Aceh Utara,” tambahnya.

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari menuju Pemilu. Terhitung dari hari ini hanya 334 hari lagi akan berlangsung hari pencoblosan. Acara kirab ini dibuka selama enam hari dan secara berkelanjutan mulai dari Banda Aceh hingga seluruh kabupaten di Aceh.

“Kami selaku pelaksana Pemilu kabupaten dan kota ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa proses pelaksanaan Pemilu berdasarkan keputusan KPU yaitu pada Febuari 2024. Kirab ini dimulai dari Aceh yaitu Banda Aceh, insya Allah hari ini sampai di Kabupaten Aceh Utara. Kita akan mengunjungi sejumlah titik di wilayah Aceh Utara untuk menyampaikan sosialisasi ini,” kata Zulfikar.

Zulfikar mengatakan pada sosialisasi ini pihaknya akan memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa ada 24 Parpol (partai politik) peserta Pemilu 2024. Kemudian proses tahapan Pemilu terus berjalan setelah ditetapkan Parpol sehingga tahapan-tahapan juga terus berjalan.

“Harapan kami sebagai pelaksana Pemilu, kepada stakeholder di seluruh kecamatan dapat menyampaikan pemahaman Pemilu kepada masyarakat. Ayo sama-sama kita ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya pada hari H. Kemudian harapan-harapan ini menjadi trigger bagi masyarakat Aceh Utara bahwa Pemilu itu sangat penting sebagai tanda proses pergantian pemimpin yang sangat legal,” ujarnya.

Pembukaan kirab Pemilu itu turut dihadiri para ketua Parpol, Waka Polres Aceh Utara, Ketua Mahkamah Syariah Lhoksukon, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon, Kepala Kesbangpol, perwakilan Kejari Aceh Utara, dan tamu undangan lainnya.[](rilis)

Baca juga: