Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaEkonomiPT Aceh Milenium...

PT Aceh Milenium Produksi Pupuk Organik di Paloh Dayah Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE – Presiden Direktur PT Aceh Milenium, Teuku Zulkarnaini, selaku pemilik usaha Agro Wisata Pertanian & Industri, menerima kunjungan pejabat dari beberapa instasi Pemerintah Kota Lhokseumawe, di tempat usahanya, Selasa, 30 Agustus 2022.

Beberapa waktu lalu, tempat usaha yang terletak di Loh Angen, Gampong Menunasah Dayah (Paloh Dayah), Mukim Paloh Timu, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, tersebut, juga telah dikunjungi Penjabat (Pj.) Wali Kota dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe.

Zulkarnaini mengatakan kegiatan tersebut merupakan program peningkatan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kota Lhokseumawe.

“Kami sudah membangun sebuah industri pupuk organik sebagai langkah awal untuk membuka kawasan wisata. Saat ini, kami sudah memproduksi pupuk sebanyak 30 ton per bulan. Kami juga telah membuka lahan pertanian sebagai tempat menguji efektivitas pupuk pada tanaman holtikultura seperti kankung dan melon,” kata laki-laki yang akrab disapa Joel Paloh ini.

Di hadapan perwakilan pemerintah tersebut, Joel mempresentasikan tentang bahan baku yang dimanfaatkan dari kotoran hewan dan bahan-bahan organik lainnya.

Joel Paloh memperlihatkan proses pembuatan pupuk dan cara menggunakannya pada tanaman holtikultura dan palawija.

Dalam rencana bisnisnya, kata Joel, selain untuk kebutuhan lokal, PT Aceh Milenium juga merencanakan pupuk tersebut dapat diekspor ke mancanegara.

Joel mengharapkan Pemerintah Kota Lhokseumawe dapat membantu memfasilitasi dan mempermudah semua perizinan sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kami juga berharap, pemerintah ikut membantu mempromosikan produk dan marketingnya, sehingga produksi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Joel Paloh.[](*)

Baca juga: