BerandaBerita AcehPT PIM Raih Penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup

PT PIM Raih Penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup

Populer

JAKARTA – PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) kembali meraih penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penghargaan itu diberikan pada acara Anugerah Lingkungan Proper dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023, di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember 2023.

Dihadiri Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Penghargaan tersebut diterima Direktur Operasi dan Produksi PT PIM, Jaka Kirwanto.

Jaka Kirwanto dalam keterangannya, Sabtu (23/12), mengatakan proper merupakan program unggulan yang digagas KLHK untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan. Dilaksanakan setiap tahun dan diatur dalam Permen LHK Nomor 1 Tahun 2021, serta telah menjadi platform bagi dunia usaha dalam melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau.

Jaka menambahkan proper peringkat hijau diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance), melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan dan memanfaatkan sumber daya secara efisien serta melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik.

“Tahun ini, PT PIM berhasil menyabet penghargaan ‘Proper Hijau’ untuk kedua kalinya. Prestasi ini dicapai melalui sinergitas lintas departemen, serta komunikasi yang erat dengan mitra kerja, stakeholder, dan masyarakat,” kata Jaka.

Menurutnya, capaian ini membuktikan komitmen PIM dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan lingkungan dengan tidak hanya memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku, namun melalui beberapa upaya lain seperti efisiensi energi, penurunan emisi, melakukan inovasi pengelolaan limbah, menjaga keanekaragaman hayati, dan pengelolaan program tanggung jawab sosial perusahaan serta penanganan bencana.

Jaka Kirwanto mengucapkan terima kasih atas kinerja dan dedikasi seluruh tim yang terlibat. Penghargaan ini diharapkan menjadi sebuah motivasi agar PIM terus melahirkan program-program yang berdampak positif untuk lingkungan dan masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh karyawan PT PIM, mitra kerja, stakeholder, dan masyarakat yang mendukung PIM dalam mengimplementasikan bisnis berkelanjutan. Bagi kita, ini merupakan bentuk nyata komitmen PIM terhadap lingkungan. Pencapaian ini merupakan hasil dari konsistensi PIM yang selalu berupaya mengutamakan aspek lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam setiap bisnis perusahaan,” ujar Jaka.

Menurut Jaka, Proper Hijau memberikan dorongan bagi PIM untuk terus menghadirkan inovasi dalam pengelolaan lingkungan, proses produksi, pengembangan teknologi, dan implementasi program yang ramah lingkungan.

Atas torehan prestasi yang diraih, harapannya PT PIM dapat mempertahankan dan meningkatkan pencapaiannya di masa mendatang sekaligus menjadi penyemangat untuk terus memperhatikan aspek lingkungan dalam menjalankan kegiatan operasi dan produksinya. [](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya