Sabtu, Juli 13, 2024

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...

Panwaslih Aceh Instruksikan Buka...

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menginstruksikan Panwaslih Kabupaten/Kota segera membuka...

KAMMI Sebut Perlu Forum...

BANDA ACEH - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh...
BerandaBerita Banda AcehRatusan Siswa Ikut...

Ratusan Siswa Ikut Edukasi Qanun Jinayat

BANDA ACEH – Ratusan siswa dan siswi MTsN 1 Model Banda Aceh mengikuti sosialisasi dan edukasi qanun jinayat dan penerapan syariat Islam bagi kaum remaja, Senin, 4 Oktober 2021. Sosialisasi dan edukasi digelar tim Kantor Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh di halaman sekolah tersebut.

Materi sosialisai disampaikan oleh Kabid Penegakan Syariat Islam (PSI) Safriadi. Acara itu juga diiringi tanya jawab. Selain itu juga ditampilkan simulasi eksekusi pelanggar jinayat, dengan mendemonstrasikan menjadi algojo dan pelanggar atau jarimah hukum jinayat dari siswa, peragaan hukum cambuk  dimulai dari kehadiran hakim pengawas, jaksa dan tim medis

Safriadi menjelaskan dalam qanun jinayat ada 10 jenis pelaku jarimah (perbuatan yang dilarang) meluputi khamar, maisir, khalwat, ikhtilath, zina, pelecehan seksual, pemerkosaan, qadzaf, liwath dan musahaqah.

Baca Juga: Dipo Alam Bantu Penyandang Disabilitas di Aceh Utara

Penegakan qanun jinayat berlaku bagi semua orang tak terkecuali pejabat sekalipun, sedangkan pelaku terhadap usia anak-anak dikenai hukuman pidana umum dan tingkat usia anak-anak belum kita temukan pelanggar qanun jinayat.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi atas lolosnya Siswi MTsN Model Banda Aceh pada kompetisi Myres Nasional dengan judul tentang edukasi Syariat Islam Bagi Kaum Milenial di Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Kepala MTsN 1 Model Banda Aceh Junaidi Ibas, mengatakan kegiatan itu dalam rangka top 15 finalis nasional Myres bidang ilmu keagamaan Islam tahun 2021 siswa MTsN 1 Model Banda Aceh Faiza Rusyha ketahap penelitian dengan judul “Pengaruh Edukasi Wilayatul Hisbah tentang Syariat Islam terhadap kaum milenial di Kota Banda Aceh.”

Junaidi Ibas berharap para siswa dan siswi sekolah tersebut  sebagai generasi bisa menjadi  garda terdepan agar mendukung penerapan penegakan Islam secara kaffah di Kota Banda Aceh.[]

Baca juga: