Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaBerita Aceh UtaraDipo Alam Bantu...

Dipo Alam Bantu Penyandang Disabilitas di Aceh Utara yang Jago Melukis

LHOKSUKON – Mantan Sekretaris Kabinet Indonesia Bersatu II, Dipo Alam, memberikan bantuan kepada Rohani, penyandang disabilitas di Aceh Utara yang jago melukis. Bantuan berupa kanvas, cat akrilik, pensil lukis, serta kuas yang dibutuhkan untuk kegiatan melukis, diantar oleh Ayi Jufridar, wartawan dan penulis di Aceh, ke rumah Rohani di Gampong Pulo, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, Senin, 4 Oktober 2021.

“Saya hanya melanjutkan penyerahan bantuan Pak Dipo, karena beliau tidak bisa hadir ke Aceh,” ujar Ayi Jufridar yang ikut terlibat dalam tim kreatif penulisan sejumlah buku Dipo Alam.

Dipo Alam yang juga menekuni profesi pelukis serta menulis sejumlah buku, tergerak membantu Rohani setelah membaca profil pelukis penyandang disalibilitas itu di sejumlah media. Kepada awak media, perempuan tersebut mengaku membutuhkan peralatan untuk melukis.

“Saya berharap bantuan tersebut bisa membangkitkan semangat Rohani dalam melukis. Rohani bisa melahirkan karya-karya berkualitas sesuai dengan alirannya dalam melukis,” kata Dipo Alam dalam keterangan tertulis, Senin.

Baca Juga: Rohani Penyandang Disabilitas Yang Jago Melukis

Dipo Alam juga mengharapkan karya-karya Rohani bisa dipamerkan dalam pameran lukisan baik tingkat nasional maupun internasional. “Ada beberapa event pameran yang melibatkan pelukis disalibilitas. Dengan dukungan beberapa pihak, mungkin Rohani bisa memamerkan karyanya di sana,” ujar Dipo yang kini sedang menyiapkan sejumlah buku fiksi tentang Aceh dan Turki di masa lalu.

Selain Sekretaris Kabinet Indonesia Bersatu II, Dipo Alam juga pernah menjabat Sekretaris Jenderal Organisasi negera-negara berkembang (Developing Countries) 8 atau D-8 pada tahun 2006. Setelah pensiun, Dipo Alam melanjutkan profesinya sebagai pelukis dan penulis. Dia sudah melahirkan sejumlah buku lukisan dan pernah menyerahkan tiga lukisannya untuk Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan, melalui KBRI Ankara, pada Maret 2021.

Sementara itu, Rohani merasa terharu menerima bantuan tersebut, karena sebelumnya memang ada wartawan yang menanyakan peralatan apa saja yang paling dibutuhkannya untuk melukis. “Alhamdulillah, sekarang sudah ada yang membantu. Jumlah yang diberikan ini juga sangat banyak. Cat itu bisa saya pakai sampai dua tahun ke depan, mungkin bisa jadi lebih,” ucapnya.

Rohani juga sempat berbicara melalui video call WhatsApp dengan Dipo Alam yang memberi semangat agar terus berkarya.

“Melukis adalah salah satu cara terapi agar bisa terus survive dan hidup sehat,” ujar Dipo Alam yang menyampaikan dirinya juga terus melukis dan menulis.

Rohani kepada wartawan mengatakan peralatan yang diberikan Dipo Alam itu memang sulit didapatkan di Aceh, harus dipesan dari luar daerah. Dengan adanya bantuan itu, Rohani akan terus mengembangkan kreativitas melukis.

“Saya berharap suatu saat nanti apabila ada event pameran baik di tingkat nasional maupun internasional, ada peluang bisa ditampilkan atau diikutsertakan karya-karya saya dalam ajang tersebut. Saya memang punya keinginan karya saya bisa dipamerkan. Saya fokus lukisannya adalah realis,” ujar Rohani.[]

Baca juga: