Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaSiapkan Tenaga Siaga...

Siapkan Tenaga Siaga Bencana, Jabal Everest Unigha Arungi Sungai Mane

SIGLI – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Jabal Everest Universitas Jabal Ghafur (Unigha) menggelar pendidikan lanjutan arung jeram dan siaga bencana. Ini untuk mempersiapkan tenaga penyelamatan korban bencana.

Kegiatan berlokasi di Sugnai Mane, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie itu digelar pada 18-20 April 2017 yang diikuti satu tim rafting (arung jeram) beranggotakan lima orang.

Ketua Mapala Jabal Everest Unigha Sigli, Hamdani kepada portalsatu.com, 17 April 2017, mengatakan pendidikan lanjutan tersebut lebih dikedepankan metode penyelatan korban bencana alam.

“Ini semua kita lakukan mengingat Pidie termasuk salah satu daerah yang sering dilanda banjir, sehingga pendidikan ini sangat diperlukan,” kataHamdani.

Mapala tersebut juga mengambil data sungai. Di antaranya, titik air masuk ke sungai dan kualitas sungai yang tujuannya untuk pengembangan wisata alam khususnya pengembangan olah raga arus deras di Kabupaten Pidie.

“Berdasarkan pendataan kami, Pidie memiliki potensi pengembangan objek wisata dengan kekayaan sungai indah dan sangat layak dikembangkan wisata rafting. Salah satunya Sungai Mane yang tidak kalah dengan sungai Katambe di Aceh Tenggara,” ujar Hamdani.[]

Baca juga: