BerandaBerita BireuenSiswa SDN 1 Bireuen Wakili Aceh pada Olimpiade Sains Nasional di Bogor

Siswa SDN 1 Bireuen Wakili Aceh pada Olimpiade Sains Nasional di Bogor

Populer

BIREUEN – Aqiel Muhammad Rishaq, siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bireuen, akan mewakili Aceh pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika tingkat SD/MI 2023 yang akan berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Agustus-September 2023.

Aqiel Muhammad Rishaq mulanya meraih juara II pada OSN SD/MI tingkat kecamatan yang diselenggarakan secara luring, 14 Maret 2023. Dia kemudian memperoleh juara I pada OSN tingkat Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan secara daring, 9 Mei 2023.

“Kemudian Aqiel mengikuti OSN tingkat Provinsi Aceh pada 20 Juni 2023, pelaksanaan juga secara daring. Aqiel terpilih sebagai juara II,” kata Kepala SDN 1 Bireuen, Murthala Ar., S.Pd., ketika ditemui portalsatu.com, Jumat, 21 Juli 2023.

Murthala menyebut capaian didapatkan siswanya itu tidak terlepas dari peran para guru di sekolahnya yang telah mendedikasi diri mereka sebagai tenaga pendidik. Dia merasa terharu dengan diundangnya Aqiel ke Bogor untuk mengikuti OSN tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada 27 Agustus – 2 September 2023.

“Ini juga tak terlepas dari peranan orangtuanya dan minat belajar Aqiel yang bersungguh-sungguh, sehingga dia sudah berada pada tingkat ini,” tutur Murthala.

Murthala berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Bireuen supaya pada OSN di Bogor nantinya Aqiel dapat mengharumkan nama Bireuen.

OSN merupakan ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA sederajat di seluruh Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Mereka yang mengikuti kompetisi ini adalah siswa-siswi terbaik dari provinsinya masing-masing yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi. Kompetisi ini diadakan di kota yang berbeda-beda setiap tahunnya.

OSN diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.[](Adam Zainal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya