BerandaBerita AcehSTIT HaFas Subulussalam Gelar Wisuda 70 Sarjana Baru, Kisah Pilu Perjuangan Mahasiswa...

STIT HaFas Subulussalam Gelar Wisuda 70 Sarjana Baru, Kisah Pilu Perjuangan Mahasiswa Bikin Skripsi Pakai Hp

Populer

SUBULUSSALAM – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri (STIT HaFas) Kota Subulussalam melaksanakan wisuda terhadap 70 Sarjana (S1) dalam Sidang Senat Terbuka di Hotel Hermes One, Penanggalan, Sabtu, 13 Januari 2023.

Ketua STIT HaFas Subulussalam, Syafnial, M.M mengatakan sebanyak 70 wisudawan tersebut terdiri dari 32 Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 38 dari Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI). Proses wisuda ini dihadiri langsung Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E.

Syafnial dalam sambutannya menyampaikan keberadaan STIT HaFas ini sangat membantu masyarakat di Bumi Syekh Hamzah Fansuri ini untuk mengenyam pendidikan Sarjana (S1), khususnya warga yang kurang mampu yang memiliki keterbatasan biaya untuk kuliah ke luar daerah.

Syafnial menyebutkan keberhasilan 70 wisudawan ini tidak terlepas dari dukungan penuh dari orang tua mereka selama ini, di tengah keterbatasan kondisi ekonomi yang pas-pasan, karena mayoritas profesi orang tua sebagai petani atau pekebun dan kerja serabutan, namun mereka berhasil mengantarkan anak-anaknya menjadi Sarjana S1.

Dalam kesempatan itu, Syafnial berbagi cerita perjuangan salah seorang mahasiswanya harus menyiapkan skripsi menggunakan handphone android karena tidak memiliki laptop. Hasil skripsi yang diketik via android, kata Syafnial ketika prinkan tidak beraturan sehingga menyalahi format (panduan), sehingga skripsi mahasiswa itu pun ditolak oleh pembimbingnya.

Devi Siska Yana Prodi PAI, salah satu wisudawan STIT HaFas Kota Subulussalam menyisakan cerita pilu di balik perjuanganya hingga sukses menyandang status Sarjana S1. Foto: sudirman/portalsatu.com

Menurut pengakuan pembimbingnya, mahasiswi tersebut tidak melakukan pengetikan skripsi di rental komputer karena keterbatasan biaya. Namun akhirnya, hasil skripsi Devi Siska Yana Prodi PAI diterima oleh pembimbing, Azharuddin, M.HI setelah yang bersangkutan memperbaiki karya ilmiahnya melalui laptop temannya yang juga kuliah di STIT HaFas.

Perjuangan Devi patut diapresiasi betapa gigihnya ia berjuangan hingga detik-detik akhir untuk mendapatkan gelar Sarjana setelah sekitar empat tahunan duduk di bangku kuliah di Kampus STIT HaFas Kota Subulussalam.

Pada pelaksanaan wisudawan STIT HaFas 2024 ini, Cahaya Ramadani Prodi MPI dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan nilai IPK 3,93. Ia menyampaikan pesan dan kesan mewakili wisudawan tentang perjalanan mereka selama di kampus kebanggaan masyarakat Kota Subulussalam ini.

Wisuda ke-4 STIT HaFas Subulussalam dihadiri Wakil Kopertais Wilayah V Aceh, Dr. Ismail Ansari, M.Ag. Anggota DPRA Tgkm Syarifuddin dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.[]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya