Kamis, Juli 25, 2024

PPK Sawang: Uang Operasional...

ACEH UTARA - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawang di bawah Komisi Independen Pemilihan...

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...
BerandaTerpilih Tengah Malam,...

Terpilih Tengah Malam, Ketua Panwaslih Aceh: Kita Akan Tunjukkan Integritas

BANDA ACEH – Samsul Bahri terpilih sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh melalui voting yang berlangsung tengah malam tadi di Banda Aceh. Ia mengalahkan calon lainnya, Irfansyah, dalam pemilihan tersebut.

Samsul Bahri merupakan dosen Fakultas Ekonomi Unimal. Ia sudah tiga kali menjabat Ketua Panwaslu Aceh Utara (2004, 2006, dan 2009). Samsul Bahri kemudian terpilih menjadi salah seorang anggota Panwaslih Aceh dan ditetapkan dalam rapat paripurna istimewa DPR Aceh, 22 Januari 2016. (Baca: DPRA Tetapkan Lima Nama Anggota Panwaslih Aceh)

Selain Samsul Bahri, empat anggota Panwaslih Aceh yang ditetapkan adalah Tarmizi,  Irfansyah, Ismunazar, dan Irhamsyah. Mereka memiliki latar belakang berbeda. Ada mantan ketua Panwaslu, anggota KIP dan advokat (Baca: Ini Latar Belakang Lima Anggota Panwaslih Aceh)

Lima anggota Panwaslih Aceh itu lantas dilantik (mengucap sumpah/janji) bersamaan dengan 115 anggota Panwaslih kabupaten/kota se-Aceh di Banda Aceh, Selasa/kemarin sore. (Baca: 120 Anggota Panwaslih se-Aceh Dilantik)

Anggota Panwaslih kemudian menggelar pemilihan Ketua Panwaslih Aceh, Selasa, malam tadi yang berlangsung hingga pukul 23.30 WIB. Hasilnya, Samsul Bahri terpilih sebagai Ketua Panwaslih Aceh.

“Ya, saya terpilih dengan cara voting. Calon satu lagi, Irfansyah. Saya mengucapkan terima kasih sudah dipilih,” ucap Samsul Bahri saat dihubungi portalsatu.com lewat telpon seluler, Rabu, 25 Mei 2016, pagi.

Samsul Bahri berkomitmen mengedepankan integritas dalam bertugas sebagai Panwaslih untuk mewujudkan pilkada 2017 yang bersih. “Kita akan menunjukkan integritas sebagai panwas,” katanya. “Semoga (hasil pilkada) terpilih pemimpin yang benar-benar dicintai oleh rakyat,” ujar dia lagi.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu RI Muhammad mengatakan, lima anggota Panwaslih Aceh dan 155 anggota Panwaslih kabupaten/kota se-Aceh yang telah dilantik harus bekerja dengan mengedepankan netralitas. (Baca: Ketua Bawaslu RI: Panwaslih Aceh Harus Netral)

Sementara Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta anggota Panwaslih tidak memihak kepada siapa pun dalam pilkada 2017. Peran Panwaslih dinilai sangat vital dalam mengawasi setiap tahapan pilkada di Aceh. (Baca: Pesan Zaini Pada Panwaslih Aceh)[] (idg)

Baca juga: