Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaNewsVisi Misi Bakal...

Visi Misi Bakal Calon Rektor: ‘Unimal Hebat’ Hingga Berbasis Kearifan Lokal

LHOKSEUMAWE – Delapan bakal calon Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) menyampaikan visi dan misi dalam Rapat Senat Terbuka di Aula Cut Meutia Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Sabtu, 28 Juli 2018, siang.

Berikut visi dan misi serta program kerja sebagian atau empat dari delapan bakal calon Rektor Unimal yang dirangkum portalsatu.com:  

Dr. Ir. Wesli, M.T. (Dosen Fakultas Teknik), mengusung visi “Universitas Malikussaleh Hebat”, dengan penjabaran harum, efisien dan efektif, bersama, akuntabel dan transparan (Hebat).

“Saya akan menunjukkan bukti, bukan janji. Jika nantinya terpilih sebagai Rektor Unimal maka saya melakukan pembinaan atau pengembangan studi terhadap semua program studi dan jurusan secara terencana dan merata,” kata Wesli.

Wesli berjanji akan melakukan pengembangan dan pembangunan pendidikan di Unimal yang lebih baik. Menurut Wesli, peningkatan dan pengembangan prodi perlu penanganan yang sistematis serta terencana dengan baik dan terukur agar cita-cita universitas dapat terwujud.

Dr. Herman Fithra, S.T., M.T. (Dosen Fakultas Teknik), mengungkapkan, ia akan menjadikan kampus ini sebagai universitas riset yang kompetitif dalam perkembangan global berbasis kearifan lokal. Menurut Herman, pengembangan pendidikan tinggi perlu dilakukan dalam berbagai disiplin ilmu yang berbasis kearifan lokal guna meraih keunggulan akademik dan profesional.

“Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara merata untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat menuju taraf kehidupan yang lebih baik. Selain itu, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mencapai kualitas keunggulan akademik dan profesionalitas dengan meningkatkan sumber daya manusia sesuai bidangnya masing-masing,” ujar Herman.

Menurut Herman, itu semua akan diwujudkan melalui kerja sama dan meningkatkan kemitraan dengan pemerintah daerah serta perusahaan industri lainnya baik dalam maupun luar negeri.

Dr. Rusydi, S.E., M.Si. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), menyampaikan bahwa ancaman kebangsaan seperti radikalisme, terorisme, dan narkoba, menjadi salah satu tanggung jawab perguruan tinggi untuk melakukan pencegahan. Menurut Rusydi, mahasiswa harus memperoleh pendidikan berkualitas supaya tidak terjebak dengan pengaruh-pengaruh pihak luar yang dapat menghancurkan masa depan mereka.

“Saya juga ingin mengembangkan dan menjalankan tata kelola universitas yang baik sesuai dengan mutu dan standar nasional. Melakukan modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta kerja sama yang berkualitas, profesionalitas dan bertanggung jawab,” ujar Rusydi.

Selain itu, Rusydi berkomitmen pada nilai-nilai kemanusiaan, budaya dan syariat Islam dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dr. Asnawi, S.E., M.Si. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), menegaskan, ia akan menyediakan semua informasi dengan cepat sesuai keperluan stakeholder, serta penempatan sumber daya manusia berkualitas untuk peningkatan akreditasi program studi dan institusi.

“Saya juga mendesain kurikulum program yang berbasis kurikulum nasional dan lokal yang islami. Meningkatkan kerja sama akademik dengan universitas-universitas bertaraf (bermutu) baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Asnawi.[]

Baca juga: Delapan Bakal Calon Rektor Unimal Sampaikan Visi Misi

Baca juga: