Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita LhokseumaweWarga di Lhokseumawe...

Warga di Lhokseumawe Ramai Tertarik Uang Kertas Tahun Emisi 2022

LHOKSEUMAWE – Ramai warga melakukan penukaran uang kertas Tahun Emisi (TE) 2022 yang disediakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lhokseumawe, di kawasan Jalan Perdagangan, Kota Lhokseumawe, Senin, 22 Agustus 2022.

Ratusan warga mengantre untuk melakukan penukaran uang tersebut, melalui kas keliling Bank Indonesia (BI) Lhokseumawe.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Gunawan, kepada wartawan, mengatakan BI memiliki tugas untuk mengedarkan uang mulai dari perencanaan, percetakan dan seterusnya dalam rangka memenuhi kebutuhan uang rupiah di semua wilayah dengan nominal pecahan yang cukup sesuai kebutuhan masyarakat, serta kualitas layak edar.

“Untuk memenuhi kebutuhan itu, tentu saja dilakukan evaluasi-evaluasi apakah yang selama ini sudah diedarkan bagaimana tanggapan masyarakat, dan masukan-masukan dari pihak terkait. Dari evaluasi itu, ternyata masih perlu penguatan dari berbagai sisi. Selama ini ada masukan bahwa sebagian masyarakat sulit membedakan antara uang Rp20.000 dan Rp2.000, maka sekarang diberikan penguatan yang lebih jelas dan berwarna untuk perbedaannya,” kata Gunawan.

Gunawan menambahkan untuk ukuran uang Rp100.000 TE 2022 memang tampak sama seperti uang Rp100.000 TE 2016, yaitu sebesar 151 x 65 mm. Penyesuaian ukuran selisih panjang ini juga berasal dari saran para tunanetra dari ukuran 2 mm menjadi 5 mm, agar lebih mudah dalam membedakan tiap nominalnya. Tetapi tetap mempertahan adanya gambar pahlawan, pariwisata, dan flora dari uang kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1.000.

“Kita melihat masyarakat sangat antusiasme dalam melakukan penukaran uang kertas baru sejak 18 Agustus 2022. Tapi ini merupakan hari pertama penukaran uang melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id. Uang ini tentu saja sebagai bentuk kedaulatan dan dengan gambar pahlawan yang beragam. Uang Rp1.000 tetap masih gambar pahlawan Cut Meutia sebagai simbol kedaulatan harus kita jaga bersama,” ujar Gunawan.[]

Baca juga: