BerandaInspirasiIslam4 Langkah Menyelami Kandungan Alquran

4 Langkah Menyelami Kandungan Alquran

Populer

4 Langkah Menyelami Kandungan Alquran

Oleh: Taufik Sentana
Pusat studi tadabbur Alquran. Aceh Barat. Ikatan Dai indonesia

(Sesungguhnya Alquran Ini selalu menjadi Petunjuk ke arah yang paling lurus/valid: alquran surat al isra’)

Sebagai panduan universal dan sebagai wahyu yang otentik hingga akhir zaman, Alquran selalu memberi tawaran makna baru walaupun ia telah dibaca dan dipahami berkali-kali.

Secara ilahi, Alquran telah dideklarasikan sebagai “Hudan linnas, wa bayyinatin minal Huda wal Furqan”, yaitu sebagai petunjuk, penjelas, bukti dan sebagai pembeda antara haq dan batil.

Kandungan general dalam Alquran mencakup akidah, syariah dan akhlaq.

Untuk mencapai kemurnian dari tujuan Alquran diturunkan, dan bagaimana ia dapat memengaruhi perkembangan pribadi dan sosial, maka kita dapat menyelami kandungan Alquran itu dengan 4 Langkah:

Pertama, lewat alam semesta yang di luar diri manusia

Alquran banyak sekali mengarahkan perhatian audiensnya kepada gejala, sifat dan kerja alam. Seperti angin yang berpengaruh pada penyerbukan.

Kedalaman laut yang menyebabkan kegelapan. Semesta yang terus meluas, warna dan rasa tumbuh tumbuhan, demikian juga tentang hewan ternak, gunung gunung yang bergerak dsb.

Semua itu disajikan untuk mencapai tujuan Alquran yaitu memperkenalkan Si Pemilik alam semesta dan zat yang berhak disembah (Allah swt).

Kedua, lewat Manusia

Alquran banyak mengangkat tema manusia. watak dan pergolakan manusia,  termasuk  kisah awal perjalanan hidupnya dari rahim sang ibu, dari sepersekian tetes air hina yang terpancar.

Alquran mengajak manusia untuk “mempelajari secara seksama ke dalam diri sendiri. Agar si manusia sadar ke ujung mana pencapaian dan akhir perjalanannya. Agar si manusia tahu untuk apa ia hidup dan diciptakan.

Ketiga, lewat kisah-kisah

Hhampir sepertiga Alquran berisi kisah.tentu kisah yang asli. tanpa bercampur dengan fantasi dan khayalan.

studi modern juga menunjukkan bahwa watak manusia cenderung lebih menangkap makna lewat kisah kisah. Dan agar manusia dapat mengambil pelajaran dari kisah kisah itu.

Selain itu, banyak kisah dalam Alquran menjadi bagian dari mukjizat (kemurnian) kandungannya, yang ditemukan bukti buktinya di era modern sehingga menjadi petunjuk bagi mereka yang berfikir.

Keempat, Kabar Gembira dan Ancaman.

Langkah keempat ini yang paling sering dan banyak digunakan para dai dan guru guru kita. mungkin karena ia to the poin. padahal pintu masuk ke dalam kandungan Alquran bisa lewat tiga pintu sebelumnya.

Namun karena mungkin keterbatasan wawasan ilmu alam, wawasan psikologi manusia, sejarah dan lainnya sehingga poin keempat ini menjadi lebih mudah untuk disampaikan ke khalayak. yaitu tentang jaminan surga dan ancaman neraka.

Padahal sejatinya, kita bisa mencapai maksud Alquran lewat lingkungan (alam)terdekat kita, diri sendiri dan sejarah masyarakat kita. Sehingga kita sampai pada satu pengertian tentang “ummat yang satu” yang mestinya hanya menyembah Tuhan yang Esa semata.

Sampai akhirnya umat yang satu itu terbelah karena menyelisihi nabi nabi dan kitab suci mereka. Maka turunlah Alquran sebagai penjelas dan pemutus bagi perkara yang mereka perselisihkan.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya