Jumat, Juli 19, 2024

Rekomendasi HUDA Berisi 22...

BANDA ACEH - Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) mengeluarkan rekomendasi...

Lebih 170 Bangunan Rusak...

ACEH UTARA - Sebanyak 173 bangunan dilaporkan rusak akibat diterjang badai (hujan deras...

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....
BerandaNewsAPMA Siapkan Kapal...

APMA Siapkan Kapal Angkut Barang dari Idi ke Penang

LHOKSEUMAWE – Asosiasi Pengusaha Maritim Aceh (Aceh Maritime Association)–disingkat APMA, dalam waktu dekat akan membuka rute pelayaran perdagangan Aceh-Penang, Malaysia, melalui pelabuhan Idi, Aceh Timur.

“Insya Allah, ada satu kapal angkut jenis LCT (Landing Craft-Tank) Passenger Cargo dengan bobot angkut 125 penumpang dan komoditas sebanyak 250 ton. Target kita sebelum Ramadan tahun ini atau paling lambat awal Mei 2018 akan beroperasi,” ujar Ketua APMA, Tarmizi Yusdja Teuku Yudha kepada portalsatu.com, Senin, 29 Januari 2018.

Tarmizi menyebutkan, komoditas Aceh seperti kakao, pinang, kopra, bumbu-bumbuan seperti kunyit, jahe, maupun palawija lainnya sudah bisa dipasarkan, begitu juga hasil tangkapan ikan laut dapat diangkut ke Penang.

“Untuk penampung di Penang sudah kita siapkan, tinggal ada barang dan jual. Bagi yang ingin berdagang ikan, kita akan siapkan ruang freezer (pendingin) agar ikan kualitas ekspor bisa terjamin kesegarannya sampai ke tangan penampung,” katanya.

Selain Pelabuhan Idi, pihaknya juga akan menyiapkan jalur Krueng Geukueh, Aceh Utara – Penang, agar komoditas yang ada di Aceh Utara, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Bireuen bisa mengambil jalur terdekat.

“Kita akan coba secara perlahan-lahan, tapi berkelanjutan. Harapan dari upaya-upaya ini pelabuhan di Aceh akan menggeliat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin baik,” pungkasnya.[]

Baca juga: