BerandaBerita Banda AcehArsraf Aceh Adakan Maulid Nabi Bersama Anak Yatim dan Komunitas Pahlawan Lingkungan

Arsraf Aceh Adakan Maulid Nabi Bersama Anak Yatim dan Komunitas Pahlawan Lingkungan

Populer

BANDA ACEH – Asyraf Aceh bekerja sama dengan para relawan Taman Edukasi Anak Pemulung mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama lebih dari 100 anak-anak yatim serta anak-anak di komunitas pemulung atau dikenal juga sebagai Pahlawan Lingkungan di Kampung Jawa, Banda Aceh, Senin, 26 Desember 2022.

Dalam acara yang berlangsung khidmat pada siang itu, Asyraf Aceh menyediakan ratusan kotak makanan untuk disantap bersama anak-anak dalam berbagai usia. Mulai dari yang belum sekolah, SD, SMP sampai tingkat SMA. Santunan juga diberikan kepada sejumlah anak pemulung sebagai bentuk kepedulian Asyraf Aceh terhadap kelompok masyarakat ini.

Kampung Jawa Banda Aceh terkenal sebagai salah satu perkampungan pemulung di Aceh. Kehidupan ekonomi mereka masih lemah. Kehidupan sehari-hari masih ada yang ditopang oleh aktifitas mengumpulkan barang bekas untuk dijual kembali.

Salah satu inti hari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah tumbuhnya kepedulian terhadap kondisi sosial dan ekonomi umat. Nabi SAW diutus ke dunia untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Asyraf Aceh, sebagaimana disampaikan Sayed Murtadha bin Badruddin Al-Aydrus, mendorong seluruh keluarga Sayyid di Aceh untuk terus berperan membangun masyarakat, baik dari segi akhlak maupun ekonomi. Sehingga terbangun masyarakat Aceh yang mandiri dan beradab.

“Kaum sayyid tidak boleh terlena pada kebesaran nasabnya, tapi harus berfokus pada pengabdian untuk masyarakat,” kata Sayed Murtadha.

Kegiatan maulid ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Asyraf di akhir tahun 2022. Sehari setelah ini, tepatnya Selasa 27/12/2022 mulai pukul 09.00 Wib, Asyraf akan mengadakan Webinar bertajuk “Peran dan Kontribusi Wakaf Orang Aceh di di Mekkah”. Melalui Webinar ini, diharapkan akan terinformasikan fakta dan data bagaimana peran orang Aceh dalam mewakafkan harta benda, bahkan jauh sampai ke luar negeri. Juga akan dikupas isu-isu terkait golongan Asyraf di dalamnya.

Yayasan Asyraf Aceh Darussalam atau populer dengan nama “Asyraf Aceh”, adalah lembaga pendataan nasab golongan Asyraf yang berpusat di Banda Aceh. Berdiri sejak tahun 2011, organisasi ini telah melakukan berbagai riset, seminar dan publikasi terkait silsilah, sejarah dan kontribusi kaum sayyid khususnya di Aceh.

Selain itu Asyraf Aceh juga telah banyak melakukan kegiatan sosial lainnya. Termasuk membangun infrastruktur seperti sumur dan MCK di rumah-rumah fakir miskin Aceh dari golongan Asyraf. Berbagai donasi bahan pokok dan makanan juga aktif disalurkan setiap tahun kepada golongan fakir miskin Asyraf di Aceh, khususnya pada bulan Ramadhan.

Pengurus Asyraf Aceh mengucapkan terima kasih kepada para donatur, khususnya para sayyid dan dermawan, yang selama ini secara reguler telah mensupport berbagai kegiatan riset dan sosial Asyraf di seluruh Aceh. Semoga diridha Allah SWT.[] (rilis)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya