BerandaBerita AcehBawaslu Aceh Tamiang Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang Satu TPS di Kuala Simpang

Bawaslu Aceh Tamiang Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang Satu TPS di Kuala Simpang

Populer

KUALA SIMPANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Aceh Tamiang melalui Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) merekomendasikan Perhitungan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Nomor 11 Desa Kota Lintang, Kecamatan Kota Kuala Simpang.

Rekomendasi Nomor: 052/PM.00.02/K.AC-07.05/02/2024 dikeluarkan Panwaslu Kota Kuala Simpang pada 15 Februari 2024 kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Kuala Simpang.

“Rekomendasi tersebut dilakukan berdasarkan hasil pengawasan pengawas TPS bahwa ditemukan pelanggaran PKPU Nomor 25 tahun 2023 tentang Pungut Hitung dan Keputusan KPU Nomor 66 tahun 2024 (tentang Pedoman Teknis Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara dalam Pemilu). Setelah dilakukan pengkajian, dilihat memenuhi unsur, kemudian direkomendasi ke PPK oleh Panwaslu Kecamatan,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Aceh Tamiang, Imran, dalam keterangannya, Jumat, 16 Februari 2024.

Imran menjelaskan rekomendasi ini berawal ditemukan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak menggunakan Formulir Daftar Hadir Pemilih untuk mencatat pemilih yang mendaftar, tetapi menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang di dalamnya tidak memiliki kolom untuk ditandatangani oleh si pemilih.

“Telah terjadi ketidaksesuaian jumlah hasil perhitungan surat suara sah dan surat suara tidak sah dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih di semua jenis pemilihan (Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRA dan DPRK),” ungkap Imran.

Imran menegaskan Bawaslu Aceh Tamiang melalui Panwaslu Kecamatan Kota Kuala Simpang meminta PPK Kota Kuala Simpang melaksanakan rekomendasi tersebut paling lambat 1×24 jam sejak rekomendasi ini diterbitkan.[](red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya