BerandaBerita Gayo LuesBegini Putusan PTUN Soal Pemberhentian Pengulu Desa Soyo

Begini Putusan PTUN Soal Pemberhentian Pengulu Desa Soyo

Populer

BLANGKEJEREN – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh menolak gugatan mantan Pengulu (Kepala Desa) Soyo, Kecamatan Terangun, Kabupaten Gayo Lues, Yusriman, terkait pemberhentian dari jabatannya sebagai Pengulu lantaran diduga berbuat mesum ringan dengan istri orang.

Kabag Hukum Setda Gayo Lues, Sapta, S.H., M.H., Sabtu, 15 April 2023, malam, mengatakan Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya, dan menghukum penggugat untuk membayar biaya perkara Rp348 ribu.

“Sebelumnya mantan Pengulu Desa Soyo, Yusriman, menggugat Pemda Gayo Lues terkait diberhentikan dari jabatannya sebagai Pengulu Desa Soyo, lantaran perbuatanya yang diduga melakukan perbuatan tercela (mesum),” kata Sapta.

Setelah gugatan mantan Pengulu Desa Soyo masuk ke PTUN, Pemda Gayo Lues juga ikut dipanggil ke Banda Aceh terkait masalah pemberhentian Yusriman dari jabatannya sebagai Pengulu Desa Soyo.

“Kami menghadiri sidang ke Banda Aceh hingga 16 kali, yaitu selama empat bulan berturut-turut, satu kali dalam seminggu,” ujar Sapta.

Setelah menjalani sidang selama 16 kali, akhirnya PTUN Banda Aceh menetapkan putusan pada Kamis, 13 April 2023, menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya dan membayar biaya perkara lantaran proses pemberhentian mantan Pengulu Soyo dinilai sudah tepat.

“Kasus ini cukup menjadi pelajaran bagi aparatur desa yang ada di Gayo Lues, bahwa ketika melanggar peraturan, sumpah dan janji, dapat diberhentikan meskipun belum berakhir masa jabatannya,” jelas Kabag Hukum.

Pada tahun 2022 lalu, sejumlah Pengulu di Kecamatan Terangun memprotes Pemda Gayo Lues terkait pemberhentian Pengulu Desa Soyo Yusriman, dari jabatannya. Sebagian Pengulu menilai bahwa perbuatan mantan Pengulu Desa Soyo itu hanya mesum ringan dan sudah diberi sanksi dengan membayar Rp50 juta kepada pihak yang merasa dirugikan, dan denda satu kerbau kepada masyarakat.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya