Senin, Juli 15, 2024

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...

Kadispora Lhokseumawe Apresiasi Pejuang...

LHOKSEUMAWE - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Aceh di Aceh Timur...
BerandaNewsBerikan Pemahaman kepada...

Berikan Pemahaman kepada Masyarakat Pentingnya Vaksinasi Covid-19

SABANG – Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah M.Kes., menitipkan pesan kepada para kepala Puskesmas atau tenaga kesehatan dan kepala sekolah (kepsek) supaya memberikan pemahaman untuk masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Kemampuan bapak-ibu lah yang bisa membuat Sabang ini terbebas dari pandemi Covid-19,” kata Taqwallah saat memberikan arahan kepada puluhan Kepala Puskesmas, Kepala SMP, SMA, SLB dan para pejabat Kota Sabang, di Sabang, Jumat, 24 September 2021.

Taqwallah mengatakan vaksin sangat penting, di samping untuk mencegah terpapar penyakit juga mencegah penularan kepada orang lain.
Sama halnya dengan bepergian ke pulau seperti ke Sabang sekira 30 tahun lalu. Di mana para tetamu harus mengonsumsi obat antimalaria, baik saat datang maupun ketika kembali dari Sabang.

Jika malaria sangat berbahaya dan penularannya melalui perantara yaitu nyamuk, maka Covid-19 lebih berbahaya. Penularan Covid-19 terjadi dari manusia ke manusia tanpa perlu perantara. “Itu ganasnya covid, dan merusak jaringan paru-paru,” kata Taqwallah.

Muncul pertanyaan, kenapa mereka yang sudah selesai divaksin juga bisa terpapar. Rata-ratanya jika ditelusuri maka mereka yang terpapar adalah karena sikap longgar akan protokol kesehatan, seperti enggan memakai masker dan menjaga jarak. Mereka tetap punya potensi besar tertular. Beruntung, bagi mereka yang terpapar usai vaksin itu, efeknya tidak terlalu lagi berbahaya.

Untuk itu, Taqwallah berpesan agar para Kepala Puskesmas, Kepala SMP, SMA, SLB dan para pejabat Kota Sabang, menjelaskan kepada seluruh masyarakat, baik pelajar ataupun orang tua agar mau divaksin.
Mumpung masih gratis dan ketersediaan vaksin masih mencukupi.

“Insya Allah di tangan bapak dan ibu semua lah Sabang ini terbebas dari pandemi,” kata Sekda Aceh.

Sementara itu, Sekda Kota Sabang, Drs. Zakaria, mengatakan Sekda Aceh Taqwallah datang untuk mengkoordinasikan kegiatan vaksinasi khusus kepada kalangan pelajar. “Mulai besok (Sabtu) sampai seterusnya akan ada program vaksinasi bagi anak sekolah di Kota Sabang,” kata dia.

Sebelum itu, kata Zakaria, Kota Sabang tercatat sebagai kabupaten/kota dengan angka vaksinasi usia anak sekolah kedua tertinggi di Aceh. Namun demikian, kata dia, angka itu didapat dari vaksinasi yang diikuti oleh anak-anak TNI dan Polri.

“Di sini orang tua lebih berperan. Pada kalangan masyarakat umum bahkan PNS saya pikir belum lagi,” kata Zakaria.

Dia menyebutkan banyak masyarakat yang menerima informasi tidak tepat tentang vaksinasi ini, sehingga ada masyarakat yang masih enggan memberikan izin kepada anaknya untuk divaksin.

Zakaria berharap kedatangan Sekda bisa membuat progres vaksinasi bagi anak usia sekolah di Kota Sabang menjadi lebih lancar. Pengalaman vaksinasi kepada tenaga kesehatan, di mana saat itu nakes berbondong-bondong menyuntikkan vaksin Covid-19 diharapkan juga diikuti oleh para pelajar.[](Irm/*)

 

Baca juga: