Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita Aceh BaratIKADI Aceh Barat...

IKADI Aceh Barat Gelar Training Calon Dai Muda Milenial

MEULABOH – IKADI (Ikatan Dai Indonesia) mengadakan Training Calon Da’i Muda Milenial (TCDM-1), di Aula Ma’had Al Faruq Aceh Barat, 25 April 2021. Acara itu diikuti 30 peserta undangan dari sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Aceh Barat, di antaranya STAIN  Teungku Dirundeng, UTU,  MAN Meulaboh , SMA1, dan SMA Wiba.

Dalam sambutannya, Ketua IKADI Aceh Barat, Husamuddin MZ, Lc. MA, yang juga dosen, menyebutkan bahwa dakwah bukan hanya tugas pendakwah yang selama ini dikenal, atau lembaga dakwah tertentu, atau tugas MPU, tapi dakwah merupakan tugas kita semua, semua kita adalah da’i, minimal jadi da’i untuk keluarga sendiri.

Dia menambahkan bahwa fenomena generasi milenial di era disrupsi ini, ditambah persentasi jumlah mereka yang banyak, maka tentu generasi milenial perlu diajak terlibat dalam berdakwah sesuai dengan kapasitas masing-masing disertai pemanfaatan kemajuan TIK dan digital.

Acara TCDM-1 diawali dengan tausiah dan arahan dari ketua MPU Aceh Barat, Tgk. Abdur Ghani Adian. Dalam tausiahnya disampaikan bahwa ada sifat dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang da’i yaitu uswah hasanah dan amanah dalam menyampaiakan isi dakwah serta tidak menyebarkan hoak atau berita dusta.

Materi kedua diisi oleh imum syik masjid Annur simpang peut Rundeng, H. Surianto S. Lc MA, tentang ‘membangun motivasi dan mental percaya diri’. Beliau memberikan trik-trik berbicara di depan umum dan teknik khutbah jumat.

Materi terakhir diisi oleh pimpinan yayasan Nurul Ikhwah Nagan Raya tentang fikih dakwah di era digital, di sini pemateri juga memberikan doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan terkait ayat ayat dakwah dan dakwah bil hikmah.

Sampai akhir acara peserta tetap antusias dan miminta panitia agar acara seperti ini dibuat lagi dan ditambah harinya. Acara Training Calon Dai Muda -1 ini ditutup dengan doa dan buka bersama.[]

Pengirim: Taufik Sentana.

Baca juga: