BerandaNewsDuniaInilah Lima Negara Penjajah Terkejam di Dunia

Inilah Lima Negara Penjajah Terkejam di Dunia

Populer

Sejarah dunia tidak terlepas dari penjajahan. Negara-negara kuat dari Eropa dengan spirit Gold (mencari kekayaan atau sumber daya alam), Glory (kejayaan dengan memperluas wilayah kekuasaan), dan Gospel (menyebarkan agama Nasrani) menjelajah dunia untuk mencari tanah taklukan di belahan dunia lain.

Praktik penjajahan atau kolonialisme ini dianggap menjadi strategi yang jitu bagi negara untuk mengambil alih dan memanfaatkan sumber daya alam dan manusia dari wilayah jajahannya untuk kepentingan tertentu.

Namun, praktik ini tentu menimbulkan dampak buruk bagi negara yang merasakan pengaruh kolonialisme negara lain.

Sejumlah negara menjajah wilayah lain dengan begitu kejam dan sadis untuk mengeruk sumber daya alamnya untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Akibatnya, korban jiwa pun berjatuhan akibat praktik-praktik yang terkadang tidak berperikemanusiaan.

Berikut lima negara penjajah terkejam di dunia yang disadur dari sejumlah sumber.

1. Inggris

Melansir World Atlas, meskipun memiliki wilayah negara yang tidak begitu luas dan terpisah dari daratan utama Eropa, Inggris mampu menumbuhkan kerajaan terbesar dalam sejarah, bahkan hingga kini. Inggris memiliki wilayah jajahan yang begitu luas.

Negara ini telah menjajah 115 negara termasuk Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, dan masih banyak lagi. Inggris melakukan penjajahan yang kejam, tidak jarang praktik-praktik yang kejam dan sadis dilakukan. Mereka mengeruk sumber daya yang ada di tanah jajahannya untuk kejayaan negara itu di Eropa.

2. Prancis

Negara yang dikenal sebagai pusat mode dunia ini merupakan negara yang memiliki daerah jajahan mencapai lebih dari sepuluh juta kilometer persegi. Dengan total 53 negara jajahan, kebanyakan daerah yang dijajah Prancis itu terletak di benua Afrika. Inilah mengapa banyak negara yang berada di benua tersebut yang menggunakan bahasa Prancis dalam kehidupan sehari-hari.

Sejumlah negara seperti Italia, Jerman, Kanada, Amerika, Meksiko juga pernah dijajah oleh Prancis. Prancis juga dikenal kejam dan sadis selama menjajah. Negara-negara tersebut sangat menderita selama dijajah oleh Prancis.

3. Belanda

Belanda menjajah banyak bagian dunia, mulai dari Amerika hingga Asia dan Afrika. Sejak abad ke-17, Belanda mulai menjajah banyak bagian Afrika, termasuk Pantai Gading, Ghana, Afrika Selatan, Angola, Namibia, dan Senegal.

Wilayah jajahan Belanda juga mencakup Belgia, Brazil, Pantai Gading, Luxembourg, Amerika, Sri Lanka, Taiwan, Afrika Selatan, Suriname, dan tentu saja Indonesia. Sejarah mengenai kolonialisme negara ini tidak bisa lepas dari kisah kesengsaraan ribuan budak yang diculik dan kemudian dijual ke pasar di Eropa dan Amerika.

4. Spanyol

Negara berikutnya yang ada dalam daftar ini adalah Spanyol. Dimulai dengan Columbus pada tahun 1492 dan berlanjut selama hampir 350 tahun, Spanyol menaklukkan dan mendiami sebagian besar Amerika Selatan, Karibia, dan barat daya Amerika.

Selama menjajah, Spanyol bertindak sangat kejam untuk mengeruk sumber daya tanah jajahan untuk kepentingan negaranya. Mereka tidak segan-segan berperang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari penduduk lokal yang tewas secara mengenaskan.

5. Rusia

Negara terakhir dalam daftar ini adalah Rusia. Negara yang tengah berperang dengan Ukraina ini di masa lalu juga melakukan penjajahan ke daerah sekitarnya. Rusia menjajah dengan sangat sadis dan kejam. Mereka menekan dan menyerang hingga berhasil mengambil alih semua wilayah. Mereka juga tidak segan-segan menghabisi penduduk wilayah taklukan jika tidak menurut dan melakukan pemberontakan.

Negara-negara yang pernah dijajah dan merasakan kekejaman Rusia adalah Belarusia, Finlandia, Latvia, Lithuania, Moldova, Polandia, dan Ukraina.[](sindonews.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya