BerandaBerita AcehMa'had Aly Babussalam Wisuda 64 Sarjana Agama, Enam Raih Nilai Mumtaz

Ma’had Aly Babussalam Wisuda 64 Sarjana Agama, Enam Raih Nilai Mumtaz

Populer

BANDA ACEH – Sebanyak 64 mahasantri Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli, Aceh Utara, mengikuti Wisuda Sarjana Agama (S.Ag.) pertama sejak memperoleh izin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tahun 2019.

Wisuda yang diselenggarakan pada Kamis, 28 Desember 2023 ini berlangsung di Kompleks Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Gampong Blang, dihadiri para tamu undangan dan seribuan santri Dayah Babussalam dan wali santri.

“Dari 64 mahasantri yang diwisuda ini, terdiri dari 39 mahasantri putra dan 25 mahasantri putri. Enam di antaranya meraih nilai Mumtaz (Cumlaude) yaitu atas nama Tgk. Rahayu Marzani, Tgk. Evi Malinda, Tgk. Syarwan, Tgk. Cut Marfira, Tgk. Al Mubasyir, dan Tgk. Hayatul Rahmi,” ujar Mudir Ma’had Aly Babussalam, Dr. Teuku Zulkhairi dalam sambutannya.

Zulkhairi juga menyampaikan tantangan terbesar para mahasantri setelah menjadi Sarjana Agama adalah bagaimana dengan bekal keilmuan yang telah dimiliki agar dapat memberikan kontribusi di masyarakat.

Di sisi lain, kata Zulkhairi, tanggung jawab para sarjana Ma’had Aly adalah bagaimana menjadi Sarjana Agama yang mampu teladan di masyarakat.

“Masyarakat tidak hanya melihat ilmu yang kita miliki, tapi akhlak kita. Ketinggian ilmu akan dilihat ukurannya dari akhlak kita,” ujar Zulkhairi.

Ia mengatakan sebagai lulusan Ma’had Aly, para mahasantri diharapkan dapat terus memberikan kontribusi keilmuan sebagaimama para ulama dahulu dengan melahirkan karya-karya kontemporer yang dibutuhkan masyarakat.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Syamsul Rijal, M.Ag., yang menyampaikan orasi ilmiah mengatakan para Sarjana Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah harus mampu memberikan kontribusi pemikiran dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang mendera Kabupaten Aceh Utara khsususnya, Aceh dan Indonesia umumnya.

“Dengan basis keilmuan Tafsir Ahkam yang telah dipelajari, para Sarjana Agama alumnus Ma’had Aly Babussalam ini harus tampil mendorong para pengambil kebijakan di Aceh Utara khsususnya agar menyelesaikan berbagai persoalan di Aceh Utara seperti banjir dan sebagainya,” ujar Syamsul Rijal.

Wisuda Ma’had Aly Babussalam dihadiri pejabat dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan para tamu undangan lainnya.

Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah mengambil Takhassus Tafsir dan Ilmu Tafsir dengan konsentrasi Tafsir Ahkam, dan merupakan satu dari enam Ma’had Aly di Aceh.

Ma’had Aly Babussalam saat ini memiliki mahasantri sebanyak 317 orang dan merupakan lembaga pendidikan tinggi atau Dayah Manyang yang berada di bawah Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah yang memiliki santri seribuan lebih.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya