BerandaBerita AcehPanwaslih Aceh Tenggara akan Rekrut 726 Pengawas TPS Pemilu 2024

Panwaslih Aceh Tenggara akan Rekrut 726 Pengawas TPS Pemilu 2024

Populer

KUTACANE – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Tenggara akan merekrut calon anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024.

Ketua Panwaslih Aceh Tenggara, Eka Prasetio Juanda Lubis, mengatakan calon anggota PTPS akan direkrut oleh Panwaslu Kecamatan.

“Kami membutuhkan sebanyak 726 Pengawas TPS. Satu TPS ditempatkan satu pengawas,” Kata Eka Prasetio kepada portalsatu.com, Rabu, 27 Desember 2023.

Menurut Eka, PTPS bertugas membantu Panwaslu Kelurahan atau Desa untuk mengawasi tahapan pemungutan dan perhitungan suara di TPS pada hari pencoblosan.

Untuk perekrutan calon PTPS, tahapan sudah dilaksanakan sosialisasi dan pengumuman pendaftaran selama 12 hari, 19-31 Desember 2023.

Pendaftaran dan penerimaan berkas pada 2-6 Januari 2024. Hal ini akan disampaikan langsung oleh Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di desa masing-masing.

Panwaslih mengimbau masyarakat Aceh Tenggara yang mau mendaftar baik laki-laki maupun perempuan agar melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan.

Berikut persyaratan untuk menjadi calon PTPS yang harus dipenuhi:

1.Warga Negara Indonesia;
2. Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 21 tahun;
3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
4. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil;
5. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu;
6. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat;
7. Berdomisili di kecamatan setempat dalam Negara Kesaturan Republik Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
8. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika;
9. Mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang- kurangnya lima tahun pada saat mendaftar sebagai calon PTPS:
10. Mengundurkan diri jabatan politik, jabatan di pemerintahan atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon;
11. Tidak pernah dipidana penjara selama lima tahun atau lebih, dibuktikan dengan surat pernyataan;
12. Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan;
13. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih;
14. Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

“Terkait informasi pendaftaran dan kelengkapan persyaratan pelamar dapat langsung mendatangi kantor Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) atau Pengawas Kelurahan/Desa,” pungkas Eka.[](Supardi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya