BerandaBerita Aceh UtaraTanggul Krueng Pase Jebol, Permukiman Warga Tergenang

Tanggul Krueng Pase Jebol, Permukiman Warga Tergenang

Populer

LHOKSUKON – Tanggul Krueng Pase jebol akibat tingginya debit air, Jumat, 1 Oktober 2021, permukiman warga di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) tergenang. Jebolnya tanggul Krueng Pase terjadi di Gampong Tanjong Awe dan Mancang, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Murzani mengungkapan tingginya debit air disebabkan hujan deras. Genangan air dari luapan Krueng Pase di permukiman penduduk itu mencapai ketinggian setengah meter. Malah di Gampong Mancang luapan air juga membuat jalan nasional Banda Aceh – Medan tergenang, hingga menyebabkan arus lalu lintas terganggu.

Murzani menambahkan, lokasi yang terjadi luapan Krueng Pase untuk di Kecamatan Samudera, terdiri dari Gampong Tanjong Awe, Kito, Teupin Ara, Teupin Belanga, dan Mancang.

Sedangkan kemarin sore (30 September 2021), juga terjadi luapan Krueng Pase di Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, hingga merembes sebagian kawasan permukiman warga setempat. “Debit air dalam Krueng Pase penuh dan alirannya yang bermuara ke Kecamatan Meurah Mulia, Nibong, Syamtalira Aron, dan Samudera, Aceh Utara,” kata Murzani. []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya