Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaNewsOlahragaTumbangkan Jawa Timur,...

Tumbangkan Jawa Timur, Sepak Bola Aceh ke Final PON Usai 28 Tahun

JAYAPURA – Tim Sepak Bola Aceh memastikan tiket final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua usai mengalahkan tim Jawa Timur pada pertandingan di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Selasa, 12 Oktober 2021.

Bermain di bawah panasnya cuaca dan suporter lawan yang lebih dominan, pasukan Fakhri Husaini berhasil menumbangkan Jawa Timur dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut disambut gegap gempita baik di dalam lapangan dan tribun penonton diisi kontingen serta masyarakat Aceh di Papua yang setia memberikan dukungan dalam setiap laga, mulai dari babak penyisihan hingga semifinal.

Luapan kegembiraan tersebut bukan hanya karena berhasil mengalahkan lawan, tapi juga untuk pertama kali sejak 28 tahun tim sepak bola Aceh kembali menembus partai final cabang olahraga sepak bola ajang PON.

Gol pertama untuk Aceh diciptakan Akhirul Wahdan pada menit 22. Skor 1-0 tidak membuat para pemain Aceh lena, mereka terus fokus melakukan pertahanan dan serangan balik. Menit 47, dari sisi kanan lapangan, Muzakir sukses membongkar pertahanan lawan dan menciptakan gol kedua bagi Aceh. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Jawa Timur menyerang habis-habisan pertahanan Aceh, hingga pada menit 57 gawang Aceh berhasil dibobol.

Skor 2-1 membuat pertandingan semakin ketat. Tim Aceh beberapa kali harus mengganti pemain untuk memperkuat lini tengah. Menit 82, Jawa Timur memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan lewat hukuman penalti yang diberikan wasit. Namun kesempatan hanya digunakan untuk melambungkan bola jauh di atas mistar gawang. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

“Perjuangan anak-anak sangat luar biasa,” kata Fakhri usai pertandingan.

Di babak final, Aceh akan kembali berhadapan dengan tuan rumah Papua yang berhasil mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 5-1. Partai final sepak bola ajang PON yang pernah dilakoni Aceh versus Papua tahun 1993, akan kembali terulang pada Kamis, 15 Oktober 2021, di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Sekum KONI Aceh, M. Nasir Syamaun, MPA., menyambut haru keberhasilan tim sepak bola Aceh yang berhasil tampil di final PON setelah 28 tahun lamanya. Menurutnya, keberhasilan Aceh melaju babak final telah membuka lembaran sejarah baru dunia sepak bola Serambi Mekkah.

“Kita berhasil membuktikan bahwa sepakbola Aceh telah bangkit dan mendekati juara,” kata Nasir.

Susunan pemain Aceh versus Jawa Timur:

Chairil Zul Azhar, Reza Mursalin, Muhammad Fayrushi, Yasvani, Khairunnas, Ridha Umami, Khairil Anwar/Alvin Abdul Halim, Perda Rahman, Riza Riski, Reza Pratama, Muzakir/M. Fakhrizal.[](ril)

Baca juga: