Jumat, Juli 19, 2024

Lebih 170 Bangunan Rusak...

ACEH UTARA - Sebanyak 173 bangunan dilaporkan rusak akibat diterjang badai (hujan deras...

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...
BerandaWarga Keluhkan Galian...

Warga Keluhkan Galian Kabel PLN Dibuat Asal Jadi

LHOKSEUMAWE – Warga Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, mengeluhkan pekerja penggali kabel PLN yang terkesan tidak bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Pasalnya, para rekanan PLN menimbun galian kabel tidak seperti sedia kala. 

“Kami tidak akan melarang pekerjaan yang dilakukan pihak rekanan PLN. Namun seyogyanya setelah pekerjaan penggalian dilakukan, alangkah baiknya pekerja bisa menimbun kembali galian tersebut dengan baik. Jangan asal jadi begitu saja, terus langsung pergi,” kata Safrizal, salah satu warga setempat kepada portalsatu.com, Kamis, 14 April 2016.
 
Dia mengatakan para pekerja juga merusak jaringan pipa milik PDAM yang membuat air merembes ke perumahan penduduk dan badan jalan. Menurut Safrizal, pihak rekanan penggalian kabel PLN juga tidak pernah meminta izin kepada warga untuk menggali tanah di depan rumah mereka. Dampaknya adalah berhamburannya material di depan rumah, dan banyaknya pasir yang menumpuk hingga badan jalan.

Sementara Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kota Lhokseumawe, Azwar, membenarkan adanya pengerjaan penggalian kabel listrik di kawasan Muara Dua. Dia mengatakan pelaksanaan proyek tersebut telah mengantongi izin dari KP2T Lhokseumawe.

Namun menurut Azwar, semua pekerjaan bidang konstruksi tetap harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan Pemko dan juga tidak merusak lingkungan. 

“Pihak PLN sendiri dalam melakukan pekerjaan tersebut pastinya memiliki standar teknis sehingga tidak ada protes dari masyarakat nantinya,” kata Azwar.

Deputi Manajer Komunikasi dan Hukum, PT PLN Aceh, Said Mukarram, menyebutkan pihak rekanan akan memperbaiki kembali semua galian akibat pemasangan kabel tersebut. 

“Pihak rekanan akan merapikan kembali tanah di pinggir jalan tersebut,” kata Said setelah berkoordinasi dengan PT PLN cabang Lhokseumawe.[](bna)

Baca juga: