Kamis, Juli 25, 2024

BI Lhokseumawe Gelar ToT...

LHOKSEUMAWE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota...

PPK Sawang: Uang Operasional...

ACEH UTARA - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawang di bawah Komisi Independen Pemilihan...

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...
BerandaAjukan Surat Undur...

Ajukan Surat Undur Diri, Panwaslu Aceh Utara PAW Lima Panwascam

LHOKSUKON – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Aceh Utara melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) lima anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pasalnya, kelima anggota Panwascam tersebut telah mengundurkan diri.

“Ya, ada lima orang yang mengundurkan diri. Informasi awal kita terima dari masyarakat terkait adanya pengumuman dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang berbarengan dengan pengumuman di Panwaslu, yaitu pada 30 November 2017. Kita tidak mampu mendeteksi sampai ke sana, mengingat tanggalnya bersamaan,” ujar Ketua Panwaslu Aceh Utara, Yusriadi, saat dihubungi portalsatu.com, Kamis, 7 Desember 2017.

Disebutkan, lima Panwascam yang mengundurkan diri, yaitu Faisal, Samsul Bahri, Zahri, Andi Rahman, dan T Marwanda. Sementara lima Panwascam pengganti, Harmoini, Mukhtaruddin, Juliadi, Zulfuadi dan Bandriah.

Yusriadi menjelaskan, sebenarnya dari sisi ketentuan mereka baru lulus pengumuman PKH, belum ditetapkan, belum dilantik dan belum di SK-kan. Artinya, mereka masih bisa bekerja di Panwascam.

“Makanya kita panggil mereka agar tidak dua kali kerja. Kita sampaikan ke mereka, bahwa mereka lulus di sana (PKH) dan lulus di Panwaslu. Saat itu kita katakan, Panwaslu akan melakukan pelantikan dua hari ke depan (hari ini), sementara di PKH belum ada jadwal pelantikan. Sepanjang Anda (mereka) ingin dilantik, maka kami siap melantik. Karena belum ada mekanisme yang bisa membatalkan saudara untuk tidak dilantik. Kita memberikan pilihan atau pertimbangan bagi mereka, silahkan memilih kami lantik atau mundur dari Panwaslu. Jika diputuskan segera, maka kami masih ada kesempatan melakukan PAW,” terang Yusriadi.

Kata Yusriadi, sehari setelah dipanggil, lima anggota yang telah lulus pengumuman sebagai Panwascam itu menyerahkan surat pengunduran diri yang ditanda-tangani di atas materai. Masing-masing dari Kecamatan Muara Batu, Geuredong Pase, Syamtalira Aron, Simpang Kramat dan Matangkuli.

“Saat pelantikan tadi, Kamis pagi, posisi mereka sudah kita ganti, sudah kita PAW dengan mekanisme pleno di tingkat Panwaskab atas dasar mereka telah mengajukan surat pengunduran diri. Usai pelantikan, siang tadi langsung kita mulai dengan Bimtek yang akan berlangsung hingga Sabtu, 9 Desember nanti,” ucap Yusriadi. Pelantikan 81 anggota Panwascam itu dilakukan di Lido Graha Hotel, Lhokseumawe.

Setelah bimtek, nantinya anggota Panwascam akan kembali ke kecamatan. Tugas pertama Panwascam, membangun komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder di kecamatan.

“Tugas yang terkait dengan tahapan, selain membantu sekretariat, di medio Desember 2017 mereka (Panwascam) akan mengawasi verifikasi faktual keanggotaan partai politik di tingkat kecamatan,” pungkas Yusriadi.[]

Baca juga: